21.4 C
Indonesia
Rab, 30 November 2022
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Rabu, 30 November 2022 | 4:52:04 WIB

Penetapan UMK Gresik 2023, Buruh Tuntut Kenaikan Gaji Sebesar Rp 4,9 Juta

GresikSatu | Penetapan Upah Minimum Kabupaten (UMK) 2023 di Gresik sepertinya akan berjalan alot. Antara pengusaha, buruh dan pemerintah belum menemukan titik terang. Untuk itu, pentapan UMK Gresik diprediksi mundur dari jadwal. Yakni pada 7 Desember 2022 mendatang.

Sedangkan dalam rapat pleno pentepan nominal UMK ada perbedaan pandangan peserta forum. Salah satunya dari kalangan buruh. Mereka menuntut kenaikan upah hingga 13 persen.

Artinya, besaran nominal UMK Gresik 2023 jika disepakati yakni sebesar Rp 4.940.393,51. Ada tambahan sebesar Rp 568.363 dari nilai UMK tahun 2022 sebesar 4.372.030,51.

Sedangkan jika mengacu Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah sebelumnya menetapkan kenaikan UMK 2023 tidak boleh melebihi 10 persen dan disesuaikan tiap daerahnya masing-masing.

Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Disnaker Gresik, Joko Budi Sutrisno mengatakan pembahasan penetapan UMK Gresik 2023 masih berlangsung di Malang dan akan dijadwalkan mundur 7 Desember mendatang oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa.

 

“Rencana penetapan UMK 2023 sebenarnya dijadwalkan tanggal 30 November, kemudian diundur hingga 7 Desember besok,” terangnya.

Perwakilan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Ichwansyah mengatakan pleno masih terkait legal standing dengan menggunakan Peraturan Pemerintah nomor 36 tahun 2021 atau Permenaker 18 tahun 2022. Apindo mengusulkan UMK 2023 menggunakan PP 36 tahun 2021.

“Masih berjalan alot, belum menemui titik terang,” ucapnya.

Sementara itu, perwakilan pekerja Imam Syaifuddin mengatakan buruh menuntut kenaikan UMK Gresik 2023 hingga 13 persen dari UMK 2022. Oleh karena itu, pihaknya akan berjuang semaksinal mungkin. Bahkan para buruh berencana akan turun ke jalan.

“Kami menuntut hak sesuai keringat setiap hari, dan jalur yang dipilih dibenarkan oleh undang-undang,” ucapnya. (ovi/aam)

Baca juga:  SIG Raih Penghargaan Kategori Best Right of Shareholders

Komentar

Berita Terpopuler

DPMPTSP Jatim Gencarkan Roadshow Pelayanan Perizinan Gratis di Gresik

GresikSatu | Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan DPMPTSP Gresik menggelar roadshow pelayanan perizinan gratis...

Polsek Driyorejo Bekuk Pelaku Curanmor, Sepeda Motor Langsung Dikembalikan ke Pemiliknya 

GresikSatu | Jajaran Unit Reskrim Polsek Driyorejo membekuk pelaku kasus pencurian sepeda motor di Desa Krikilan, Kecamatan Driyorejo, Gresik. Pelaku diketahui bernama Ikbal S...

Baru Menikah Satu Bulan, Pasutri di Gresik Terlibat Kecelakaan, Suami Meninggal, Istri Luka-luka 

GresikSatu | Nasib nahas dialami pasangan suami istri (pasutri) Budi Masangga Setiawan (23) dan Izzatul Muhida (24). Pasangan muda, yang baru saja menjalin rumah...

Korban Sodomi di Gresik Alami Gejala Sering Meludah, Gara-gara Trauma Mengulum Alat Vital Pelaku

GresikSatu | Nasib korban sodomi di Kabupaten Gresik terus menjadi perhatian. Bocah AR yang menjadi korban masih mengalami trauma, bahkan saat ini, korban masih...

Enak-enak Tidur Nyenyak, Rumah Warga Driyorejo Gresik Dilahap Api

GresikSatu | Sebuah rumah di Desa Mojosarirejo, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik dilahap api. Rumah milik Subandi ini tersisa pondasi tembok, kayu penyangga serta atap...

Korban Tertimpa Pohon di Duduksampeyan Gresik Bertambah, Kondisi Korban Rata-rata Patah Tulang

GresikSatu | Korban tertimpa pohon akibat hujan dan angin kencang di Pangkalan Ojek Desa Tumapel, Kecamatan Duduksampeyan, Gresik bertambah. Ada tiga korban yang semuanya...
Berita terbaru
Berita Terkait