Senin, 03/10/2022 | 14:27 WIB
Gresik Satu
Berita Gres Pendidikan

Peringati Hari Kemerdekaan, Keluarga Besar YIMI Gresik Gelar Karnaval Jalan Sehat 

Gresiksatu.com
Serunya melihat para siswa sekolah YIMI saat karnaval jalan sehat di Jalan Jaksa Agung Suprapto Gresik (Foto :Faiz /Gresiksatu.com)

GresikSatu | Ada banyak kreasi dan kegiatan dalam momentum Kemerdekaan RI ke-77. Seperti halnya dilakukan oleh keluarga besar Yayasan Islam Malik Ibrahim (YIMI) Gresik. Ribuan massa yang terdiri dari siswa tingkat KB-TK, SD, dan SMP Wali Murid, serta guru dan staf YIMI Gresik tumplek blek di Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP) Jalan Jaksa Agung Suprapto, Gresik, Selasa (16/8/2022). 

Sejak pagi sekitar pukul 06.00 WIB para siswa dan wali murid dan guru mulai melakukan karnaval jalan sehat. Tampak para siswa antusias berjalan mengenakan busana adat masyarakat Indonesia, dan pakaian pejuang sepanjang 2 KM di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Gresik. Para siswa kompak menyanyikan yel-yel didampingi guru kelas. Karnaval ini merupakan kegiatan rutinan tahunan memperingati Kemerdekaan RI ke-77. 

Turut hadir masing-masing Kepala Sekolah lembaga YIMI Gresik. Kepala Sekolah KB-TK YIMI Kristantin, Kepala Sekolah SD YIMI Full Day School Abdul Adhim, Kepala Sekolah SMP YIMI Gresik Full Day School Ainun Naim. 

Staf Yimi bagian SDM Ahmad Nurhadi mengatakan, karnaval Jalan sehat ini selain memperingati Kemerdekaan RI. Sekaligus pelaksanaan aksi nyata kurikulum merdeka dan perwujudan salah satu profil Pancasila.

“Masing-masing lembaga mengenakan busana yang berbeda. Untuk KB-TK pakaian adat muslimah, SD dan SMP YIMI mengenakan busana adat masyarakat Indonesia hingga busana profesi petani. Hal tersebut sesuai arahan Presiden tentang ketahanan pangan,” ucapnya, Selasa (16/8/2022).

Dijelaskan, tidak hanya pakaian adat masyarakat Indonesia. Para siswa juga ada yang mengenakan busana mewakili TNI, dan baju adat Papua. Sebagai implementasi berkebinekaaan global. “Salah satu profil Pancasila. Itu semua dalam rangka tema Kemerdekaan “Pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat” yang juga sejalan dengan motto di Sekolah YIMI “Oke Agamanya Top Pendidikannya”,” papar guru Bahasa Indonesia SMP YIMI itu. 

Diakuinya, selama dua tahun dampak pandemi Covid-19 acara karnaval ditiadakan. Hanya kegiatan show dan performance siswa secara daring. Secara rutin, karnaval dilakukan. Kegiatan karnaval jalan sehat ini lanjut dia, ada kesenian yel-yel, fasihon show Yimi Fashion Week, dan dorprize. Para siswa dan wali murid juga melakukan kegiatan menulis dream atau cita-cita di benner depan Wep. Suatu tulisan untuk bisa mewujudkan pendidikan YIMI khusunya dan umumnya Gresik bisa lebih baik dan lebih berkarakter.

“Siswa, guru, wali murid, yayasan, komite sekolah dan tokoh masyarakat sekitar juga terlibat dalam kegiatan ini,” ujarnya. 

Selain itu, puluhan doorprize juga meriahkan acara Karnaval Jalan sehat. Para siswa dibekali kupon masing-masing untuk mendapatkan hadiah. Total keseluruhan hadiah Rp 15 juta. Mulai dari peralatan rumah tangga, kompor, sepeda ontel dan hadiah utama lemari es atau kulkas.

“Kami harap lembaga di YIMI bisa berprestasi, berbudaya, berilmu pengetahuan, berteknologi, berladaskan iman dan takwa. Dan Berwawasan lingkungan dan Entrepreneurship,” tambahnya memungkasi. (faiz/aam)