Minggu, 03/07/2022 | 19:33 WIB
Gresik Satu
Viral

Perkuat Kerukunan, Sembilan Perguruan Silat Latihan Bersama Kodim 0817/Gresik

Sembilan perguruan silat yang ada di Kabupaten Gresik latihan bersama dengan jajaran Kodim 0817/Gresik, Jumat (10/6/2022) malam. / (Foto: TBK/gresiksatu.com)

GresikSatu I Sembilan perguruan silat yang ada di Kabupaten Gresik mengadakan latihan bersama dengan jajaran Kodim 0817/Gresik, Jumat (10/6/2022) malam. Sembilan perguruan silat tersebut diantaranya Pagar Nusa, PSHT, IKS PI Kera Sakti, Pamur, Tapak Suci, Persinas Asad, Nur Harias Perisai Diri, PRSH dan Sarimulyo.

Sebelum latihan bersama antar perguruan pencak silat dimulai, seluruh pesilat mengawalinya dengan apel bersama secara sinergitas guna memastikan kesiapan pesilat maupun perlengkapan yang akan digunakan, termasuk untuk memastikan kondisi kesehatan sebelum melaksanakan latihan.

Saat ditemui di sela-sela kegiatan Dandim Kodim 0817/Gresik, Letkol Inf Taufik Ismail menuturkan bahwa latihan gabungan tersebut sebagai ajang silaturahmi untuk memperkuat kerukunan antara perguruan pencak silat, Sekaligus membuang pandangan atau mindset negatif terkait perguruan pencak silat yang ada di Kabupaten Gresik.

Baca Juga: Kasus Gendam Pencurian Mobil di Kecamatan Dukun, Diduga Hanya Salah Paham

“Silaturahmi dan kerjasama seperti ini sudah sepantasnya dan wajib kita pupuk dan kembangkan dengan baik, untuk saling menjaga kerukunan dan persaudaraan serta merawat pencak silat sebagai budaya bangsa, dan ini semua tentunya akan menjaga nama baik dan kehormatan masing masing perguruan, saling menghormati serta menjunjung tinggi nilai – nilai kebangsaan dan cinta tanah air,” katanya.

Terlebih lanjut Taufik, latihan gabungan semua padepokan silat ini untuk persiapan dalam rangka ikut meramaikan pembukaan liga santri yang rencana di laksanakan 20 Juni 2022 di stadion Gelora Joko Samudero (Gejos).

“Latihan bersama ini juga untuk kegiatan pembukaan liga santri,” singkatnya.

Perlu di ketahui, Untuk wilayah Jawa Timur nantinya terpusat di Kabupaten Jombang, yang rencana di hadiri oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Untuk wilayah yang lain di laksanakan di Kodim masing-masing.

Full Day School