Sabtu, 28/05/2022 | 05:48 WIB
Gresik Satu

Pertumbuhan Ekonomi Hijau, Ketua DPRD Gresik Ajak Pengusaha Dukung Eco Tourism

Ketua DPRD Gresik Muh Abdul Qodir dalam refleksi HPN, menyampaikan perkembangan Eco Tourism di Kabupaten Gresik melalui zoom, Selasa (9/2/2022)./ Foto: bram
Ketua DPRD Gresik Muh Abdul Qodir dalam refleksi HPN, menyampaikan perkembangan Eco Tourism di Kabupaten Gresik melalui zoom, Selasa (9/2/2022)./ Foto: TBK

GresikSatu I Ketua DPRD Gresik Muhammad Abdul Qodir mengajak beberapa perusahaan dan instansi untuk mendukung perkembangan Eco Tourism (Pariwisata berbasis lingkungan) untuk pertumbuhan sektor ekonomi hijau.

Hal ini disampaikan Qodir dalam momen refleksi Hari Pers Nasional (HPN) yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Gresik di Kendari Sulawesi Tenggara, Selasa (9/2/2022).

Dalam kesempatan itu, Qodir menyampaikan saat ini Eco Tourism menjadi salah satu sektor pendorong pertumbuhan ekonomi hijau. Yakni Ekonomi yang mengupayakan pertumbuhan tapi tetap menjaga kelestarian lingkungan.

“Seperti yang sudah ada di Gresik ini ada Kawasan Ekosistem Esensial (KEE) yang sudah ditetapkan pemerintah. Namun juga punya fungsi wisatanya denga satwa dan flora endemiknya, juga menjadi tujuan edukasi dan riset yang potensial untuk terus dikembangkan,” ucapnya.

Selain itu, di beberapa Desa di Kabupaten Gresik saat ini banyak tumbuh wisata alam yang dikelola pemerintah serta masyarakat desa setempat.

Baca Juga : Jembatani Nasib Pekerja, Komisi IV DPRD Gresik Panggil BPJS dan Disnaker

“Dan ternyata hasilnya cukup memuaskan, dengan demikian manfaat ekonominya akan dirasakan masyarakat, disisi lain ekosistem alaminya mau tak mau harus dirawat karena itu yang jadi magnet wisatanya,” kata politisi PKB itu.

Qodir pun mengajak beberapa perusahaan dan instansi yang juga mengikuti kegiatan refleksi HPN itu seperti SKK Migas, Petrokimia Gresik, PT. Freeport Indonesia, Cargill, Pertamina untuk turut mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi hijau, khususnya sektor eco tourism.

“Karena di Kabupaten Gresik juga punya potensi besar untuk itu, seperti Bawean yang belum banyak dapat sentuhan,” ajak Qodir.

Sementara itu, Ketua PWI Gresik Ashadi Iksan menyampaikan bila peran pers salah satunya sebagai akselerator pertumbuhan ekonomi dan pengembangan masyarakat.

“Tentu kami dengan senang hati mengangkat, mempromosikan wisata hijau di Gresik. Mengapa demikian, karena pelestarian lingkungan dan pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan penduduk sebenarnya tidak boleh dipisahkan,” kata wartawan Sindonews ini. (adv)