Jumat, 30/09/2022 | 19:53 WIB
Gresik Satu
Ekonomi

Petrokimia Gresik Beri Beasiswa untuk 331 Anak, Nilainya Ratusan Juta

Gresiksatu.com
Direktur Keuangan dan Umum Petrokimia Gresik, Budi Wahju Soesilo saat menyerahkan beasiswa. (Foto : Aam/Gresiksatu.com)

GresikSatu | Kepedulian PT Petrokimia Gresik terhadap dunia pendidikan terus ditingkatkan. Kali ini perusahaan plat merah itu memberikan beasiswa bagi 331 anak. Jumlah anggaran yang digelontorkan pun tidak sedikit. Yaitu sebanyak Rp 300 juta.

Adapun ratusan paket beasiswa tersebut diberikan kepada pelajar mulai dari jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat. Terdiri dari 80 anak asuh Perkumpulan Istri Karyawan Petrokimia Gresik (PIKA PG), 129 pelajar SD/MI kurang mampu di sekitar perusahaan, 47 siswa SD/MI, 29 siswa SMP/MTs, serta 45 siswa SMA/SMK berprestasi dengan nilai rapor tertinggi.

Direktur Keuangan dan Umum Petrokimia Gresik, Budi Wahju Soesilo mengatakan, beasiswa ini merupakan kepedulian perusahaan terhadap dunia pendidikan. Untuk pendistribusiannya, perusahaan menggandeng PIKA PG dan Unit Pengumpul Zakat Badan Amil Zakat Nasional (UPZ Baznas) Petrokimia Gresik.

“Petrokimia Gresik sebagai bagian dari BUMN memiliki tanggung jawab untuk mempersiapkan generasi penerus bangsa yang tangguh dalam menghadapi perubahan,” katanya, Minggu (21/8/2022).

Menurutnya, generasi handal harus dipersiapkan sejak dini, mulai dari bangku sekolah, serta dibutuhkan peran serta banyak pihak. Untuk itu Petrokimia Gresik sebagai bagian dari BUMN Pupuk Indonesia turut aktif memberikan kontribusinya di bidang Pendidikan, salah satunya melalui beasiswa ini.

Lebih lanjut, Soesilo menyatakan, kontribusi Petrokimia Gresik untuk dunia pendidikan telah banyak dilakukan melalui berbagai program TJSL lainnya, seperti program Beasiswa Petro (Bestro) S1, Bestro SMA, Beasiswa Petani Muda Indonesia, dan berbagai pelatihan untuk karang taruna dan pemuda serta kegiatan lainnya.

Hal ini selaras dengan arahan Menteri BUMN Republik Indonesia, Erick Thohir, dimana TJSL BUMN harus fokus pada tiga bidang, yaitu pendidikan, pendampingan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), serta lingkungan.

 Terakhir, Soesilo berharap masyarakat terus memberikan dukungan agar Petrokimia Gresik dapat terus beroperasi dengan lancar, sehingga target-target yang di rencanakan dapat segera tercapai. Dengan demikian kebermanfaatan yang diberikan perusahaan untuk masyarakat bisa semakin besar lagi.

“Selama 50 tahun berdiri, Petrokimia Gresik senantiasa berkomitmen untuk maju, tumbuh dan berkembang bersama masyarakat. Komitmen ini akan terus kami jaga agar Petrokimia Gresik dapat terus memberikan berkah bagi masyarajat sekitar,” pungkas Soesilo di acara pemberian beasiswa. (aam)