Jumat, 27/05/2022 | 01:08 WIB
Gresik Satu

Pilkades di Desa Suwari Bawean, Tiga Calon Bersaing Ketat

Ketiga calon Kepala Desa Suwari bersama Forkopimcam saat penatapan nomor urut di Balai Desa Suwari / foto : Faiz

GresikSatu | Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Gresik juga dilaksanakan di Kepulauan Bawean. Di sana, ada lima desa dari dua kecamatan yang menggelar pelaksanaan Pilkades serentak.

Satu diantaranya di Desa Suwari, Kecamatan Sangkapura, misalnya. Di desa tersebut, tiga calon bersaing ketat. Hal ini disebabkan, pesaingnya tidak ada yang calon incumbent atau petahana.

Ketua BPD Desa Suwari Fadali mengatakan, ketiga calon sudah ditetapkan dan ditentukan nomor urut. Antara lain, nomor 1 Daifi, kemudian nomor 2 Abdul Halim, dan nomor 3 Zainuddin.

“Sejak Februari lalu sudah ramai ketiga calon ini, pemilihan kepala desa diprediksi dinamis,” ucapnya, Sabtu (19/3/2022).

Baca Juga : Jelang Pilkades Serentak, Polres Gresik Beri Pembekalan Personil

Menurutnya, selama ini tahapan Pilkades berjalan lancar tanpa kendala. Para pendukung dan calon meski bersaing ketat, tetap menjaga norma dan aturan. Bahkan, ketiga calon itu pun mempunyai keterkaitan antar keluarga.

“Abdul Halim dan Daifi ada ikatakan keluarga, kalau Zainuddin Kyai Desa. Karena dua kali penundaan Pilkades akhirnya Zainuddin pun mengikuti Cakades ini,” ujarnya. 

Sejak ditetapkan nomor urut dan calon desa, setiap malam di desa yang terdapat enam dusun itu sudah ramai aktivitas kampanye. Para pendukung masing-masing calon bahkan, banyak berkumpul di satu tempat, untuk berjaga sampai malam.

“Meski demikian, kami pastikan aman, sebab para petugas gabungan TNI-Polri ke Desa Suwari juga sering cek Desa Suwari,” jelasnya. (faiz/sah)