21.4 C
Indonesia
Rab, 30 November 2022
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Rabu, 30 November 2022 | 5:19:24 WIB

Pilkaos, Cara Sekolah SMAN 1 Balongpanggang Gresik Ajari Murid Tentang Demokrasi 

GresikSatu | Pesta demokrasi tidak hanya berlaku pada dunia kemasyarakatan saja. Melainkan juga di organisasi lembaga pendidikan sekolah. Seperti yang dilakukan para siswa di SMAN 1 Balongpanggang  Gresik.

Sekolah yang berada di Jalan Raya Tanah Landean, Balongpanggang ini, menggelar pesta demokrasi Pemilihan Ketua OSIS (Pilkaos) di lapangan sekolah. 

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan mengusung tema “Suara Demokrasi”. 

Ada tiga peserta didik mengikuti perhelatan Pilkaos tahun ini. Mereka adalah, Jenar, Angelina, dan Ikmal. Bahkan sebelumnya, tiga kandidat diberi kesempatan untuk melakukan kampanye oleh Komisi Pemilihan Ketua OSIS (KPKO). 

Koordinator P5, Wahyudi menuturkan, kegiatan ini dilakukan mengacu pada modul ajar proyek yang dirancang sebelumnya. “Jadi, pelaksanaan P5 ini harus sesuai dengan alur yang telah disusun pada awal tahun pelajaran,” tuturnya, Sabtu (1/9/2022).

Awalnya, lanjut Wahyudi, anak-anak melakukan eksplorasi tugas dan kewenangan serta mekanisme pemilu. Terkait hal tersebut, pria yang mengampu mata pelajaran fisika itu mengundang salah satu komisioner KPUD Gresik untuk diskusi dan konfirmasi informasi.

Setelah itu, panitia pemungutan suara dibentuk. Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) melakukan pencocokan dan penelitian (coklit), persiapan administrasi, logistik dan menyiapkan TPS. 

“Ada 24 TPS. Rinciannya, 12 TPS berada di kelas dan 12 TPS lainnya di tenda. Setiap TPS terdapat 7 peserta didik sebagai anggota KPPS. Tugasnya sama dengan KPPS Pemilu sesungguhnya. Setiap KPPS juga diberikan ruang untuk berkreasi dan berekspresi sesuai kreativitasnya masing-masing,” urai mantan guru SMAN Manyar itu. 

Setelah para KPPS mengumpulkan suara, hasilnya, Pilkaos 2022 ini Djenar mendulang suara terbanyak. Kendati demikian, pihaknya berjanji akan mengajak lawan politiknya masuk jajaran pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).

Baca juga:  Praktik Jual Beli Buku LKS Sekolah di Gresik Dikeluhkan Wali Murid 

“Mereka Angelina dan Ikmal, akan saya lobi agar bersedia berkoalisi,” kelakarnya. 

Di tempat yang sama, Wakil Kepala Sekolah urusan kurikulum SMAN 1 Balongpanggang, Siti Nur Rochmah mengaku puas dengan kegiatan P5 ini. “Alhamdulillah. Kegiatan berjalan lancar. Ini merupakan kegiatan proyek pertama untuk anak anak fase E Kurikulum Merdeka,” ucapnya. 

Diketahui, SMAN 1 Balongpanggang merupakan salah satu satuan pendidikan penyelenggara Program Sekolah Penggerak (PSP) angkatan 1. Sekolah yang berada di tapal batas itu menerapkan kurikulum merdeka. Semua kegiatan pembelajarannya bermuara pada penguatan profil pelajar Pancasila. (faiz/aam)

Komentar

Berita Terpopuler

Penetapan UMK Gresik 2023, Buruh Tuntut Kenaikan Gaji Sebesar Rp 4,9 Juta

GresikSatu | Penetapan Upah Minimum Kabupaten (UMK) 2023 di Gresik sepertinya akan berjalan alot. Antara pengusaha, buruh dan pemerintah belum menemukan titik terang. Untuk...

DPMPTSP Jatim Gencarkan Roadshow Pelayanan Perizinan Gratis di Gresik

GresikSatu | Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan DPMPTSP Gresik menggelar roadshow pelayanan perizinan gratis...

Baru Menikah Satu Bulan, Pasutri di Gresik Terlibat Kecelakaan, Suami Meninggal, Istri Luka-luka 

GresikSatu | Nasib nahas dialami pasangan suami istri (pasutri) Budi Masangga Setiawan (23) dan Izzatul Muhida (24). Pasangan muda, yang baru saja menjalin rumah...

Polsek Driyorejo Bekuk Pelaku Curanmor, Sepeda Motor Langsung Dikembalikan ke Pemiliknya 

GresikSatu | Jajaran Unit Reskrim Polsek Driyorejo membekuk pelaku kasus pencurian sepeda motor di Desa Krikilan, Kecamatan Driyorejo, Gresik. Pelaku diketahui bernama Ikbal S...

Korban Sodomi di Gresik Alami Gejala Sering Meludah, Gara-gara Trauma Mengulum Alat Vital Pelaku

GresikSatu | Nasib korban sodomi di Kabupaten Gresik terus menjadi perhatian. Bocah AR yang menjadi korban masih mengalami trauma, bahkan saat ini, korban masih...

Enak-enak Tidur Nyenyak, Rumah Warga Driyorejo Gresik Dilahap Api

GresikSatu | Sebuah rumah di Desa Mojosarirejo, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik dilahap api. Rumah milik Subandi ini tersisa pondasi tembok, kayu penyangga serta atap...
Berita terbaru
Berita Terkait