Kamis, 26/05/2022 | 23:41 WIB
Gresik Satu

Polres Gresik Beri Penghormatan Terakhir Aiptu Jailani Si Polisi Teladan

Prosesi pemakaman secara dinas Polri Aiptu Jailani yang dipimpin Wakapolres Gresik Kompol Ari Galang, Senin (18/4/2022)./ (Foto:TBK/GresikSatu.com)

GresikSatu – Seorang Polisi teladan Gresik yang telah mendapatkan beberapa penghargaan atas kedisiplinannya yakni Aiptu Jailani menghembuskan nafas terakhir Minggu (17/4/2022) malam.

Pemakaman polisi yang pernah menilang sang istri karena tidak disiplin dalam berlalulintas itu dilaksanakan secara dinas Polri dipimpin  langsung oleh Wakapolres Gresik Kompol Ari Galang.

Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis melalui Wakapolres Gresik Kompol Air Galang memberikan penghormatan terakhir, menyampaikan rasa duka cita yang mendalam.

“Kita berada di tempat yang mulia ini untuk penghormatan terakhir dan mengantar kepergian almarhum Aiptu Jailani. Tempat peristirahatan yang kekal abadi memenuhi panggilan tuhan yang maha esa. Kepada keluarga almarhum atas nama pribadi dan Polres Gresik menyampaikan belasungkawa dan duka cita sedalam-dalamnya,” tuturnya, Senin (18/4/2022).

Baca Juga : Aiptu Jailani Polisi yang Pernah Tilang Istrinya Itu Tutup Usia

Alumnus Akpol 2002 menuturkan almarhum adalah anggota yang baik dalam dinas kepolisian menjalankan tugas di Polda Jatim. Semangat pengabdian yang tinggi, andil tidak kecil dalam tugas Polri.

“Almarhum Aiptu Jailani telah tiada meninggalkan kita selama- lamanya, melekat dalam hati sanubari kita sebagai kenangan yang tidak terlupakan. Atas nama Polri terima kasih penghargaan setinggi-tingginya atas pengabdian almarhum, menjadi contoh bagi kita generasi penerus bangsa,” ungkapnya.

Seperti di beritakan ketika menjadi narasumber disebuah program televisi mata Najwa beberapa tahun lalu, Aiptu Jailani bercerita pernah menilang istrinya dikarenakan tidak taat dalam berkendara sehingga dengan terpaksa menilang sang istri.

Namun, lanjut Jailani ketika selesai berdinas, dan sampai di rumah langsung meminta maaf kepada sang istri, meski sempat tiga hingga empat hari tidak disapa sang istri karena kecewa.

Karena kedisiplinannya dan keteladanannya itu, sebuah komunitas film di Jambi terinspirasi yang kemudian membuat film pendek tentang sosok Aiptu Jailani yang disiplin dan tidak tebang pilih dalam menjalankan profesinya ketika ada pelanggaran lalulintas.

Selain itu, atas kedisiplinannya itu, Polres Gresik dan Polda Jatim juga pernah memberikan beberapa penghargaan atas jasa-jasanya semasa berdinas.**