Minggu, 03/07/2022 | 18:24 WIB
Gresik Satu
Berita Gres Hukrim

Pria yang Maling Motor Bekas di Dealer Dukun, Ternyata Alumni RSJ Menur Surabaya

gresiksatu.com
Pelaku saat dimassa oleh warga Desa Dukunanyar, Kecamatan Dukun, Gresik (Foto : Istimewa)

GresikSatu | Ratno Purnomo terduga pelaku maling motor di dealer Desa Dukunanyar, Kecamatan Dukun, Gresik diduga punya gangguan penyakit kejiwaan. Pasalnya pelaku berusia 42 tahun itu pernah berobat ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Menur Surabaya.

Hal tersebut disampaikan Kanit Reskrim Polsek Dukun Aipda Reza Wahyu Winastiko. Dari keterangan keluarga, tetangga hingga kepala desa. Pelaku dinyatakan punya penyakit kejiwaan, dan pernah berobat di RSJ Menur Surabaya

“Memang punya penyakit kejiwaan, pelaku akan kita periksa kejiwaannya, sebagai tindak lanjut dari kasus ini,” ungkap Reza, Senin (20/6/2022).

Saat ini, ujar Reza pelaku sudah dilakukan perawatan medis di Puskesmas usai dimassa warga. Pelaku masih di Mapolsek Dukun untuk dilakukan tindak lanjut pemeriksaan. 

“Saat awal kita amankan, kondisi orangnya tidak memungkinkan untuk diperiksa. Ditambah marah-marah ingin pulang,” ujarnya.

“Orang se Desa /Kecamatan Bungah, asal pelaku tinggal sudah umum mengetahui orang ini (Pelaku Red) mengalami gangguan jiwa,” tambahnya memungkasi.

Sebelumnya, pelaku Ratno kepergok membawa kabur motor bekas milik Chavid (66) Warga Desa Dukunanyar, Kecamatan Dukun, Gresik. Tak disangka, tindakan nekat Ratno itu membuat warga sekitar geram.

Ratno jadi bulan-bulanan warga. Ia kena bogem mentah dan dihajar massa. Ratno bahkan sempat ditelanjangi. Warga yang emosi itu akhirnya mereda setelah polisi datang ke lokasi. Ratno pun diseret dan dibawa ke proses hukum karena melakukan aksi maling motor. (faiz/aam)

Full Day School