Senin, 03/10/2022 | 17:35 WIB
Gresik Satu
Pemerintahan

Progres Wisata Haritage Gresik Selesai Akhir Tahun 2022 

Teks foto : Kondisi jalan Manyar yang padat kendaraan akan dilakukan pelebaran jalan untuk mengurai kemacetan oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) (Faiz /gresiksatu.com)

GresikSatu | Pembangunan proyek Wisata Haritage Kota Lama Kabupaten Gresik terus dikebut. Beberapa ruas bahu jalan wisata itu sudah dipasang saluran U-ditch. Proyek yang berasal dari anggaran pendapatan belanja negara (APBN) akan selesai akhir tahun ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Cipta Karya, Perumahan dan Kawasan Permukiman (CKPKP) Pemkab Gresik Ida Lailatus Sa’diyah. “Kalau sesuai kontraknya Agustus selesai. Maksimal akhir tahun selesai,” ucapnya, Sabtu (16/4/2022).

Baca Juga : Pelindo Gresik Komitmen Berantas Pungli, Terapkan Retribusi Pelabuhan Secara Online 

Selanjutnya, setelah dilakukan revitalisasi di tujuh ruas jalan wisata haritage kota lama Gresik. Wisata akan dikelola Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disparekrafbudpora) Pemkab Gresik.

“Kami siapkan infrastruktur, setelah itu Disparekrafbudpora melalui Pokdarwisnya mengelola wisata itu,” paparnya. Selain itu, Disparekrafbudpora juga yang melakukan tahapan penyusunan paket-paket wisata haritage.

Baca Juga : Jelang Lebaran, Penumpang Kapal Express Bahari Meningkat Drastis 

Sebagaimana diketahui, wisata haritage Gresik Kota Lama dibangun di tujuh ruas jalan. Meliputi Jalan Basuki Rahmat, AKS Tubun, Setia Budi, KH Zubair, Keramat Langon, Agus Salim, dan Malik Ibrahim. Melalui anggaran APBN 47 M dengan harga penawaran Rp 38 M. (faiz/sah)