Kamis, 30/06/2022 | 01:58 WIB
Gresik Satu
Pemerintahan

Proyek Percontohan Jatim, Wabup Buka Gresik Halal Center dan Juleha

Proyek Percontohan Jatim, Wabup Buka Gresik Halal Center dan Juleha
Wakil Bupati (Wabup) Gresik Aminatun Habibah launching Gresik Halal Center (GHC) dan buka pelatihan Juru Sembelih Halal Indonesia ( Juleha ) Kabupaten Gresik, Minggu (29/5/2022)./ (Foto:TBK/GresikSatu.com)

GresikSatu I Wakil Bupati (Wabup) Gresik Aminatun Habibah launching Gresik Halal Center (GHC) dan buka pelatihan Juru Sembelih Halal Indonesia ( Juleha ) Kabupaten Gresik, Minggu (29/5/2022) bertempat di Kantor PCNU Gresik. Pelatihan Juru Sembelih ini akan menambah keilmuan tata cara penyembelihan yang baik dan Halal.

Wabup yang akrab disapa Bu Min mengatakan pelatihan juru sembelih halal ini diharapkan mampu mendorong tersedianya juru sembelih yang berkompetensi dan profesional.

Ini merupakan kesempatan bagi semua agar mendapat sertifikasi sebagai juru sembelih halal dalam pengembangan halal produk pada industri pengolahan khususnya untuk pengolahan makanan di Kabupaten Gresik.

“Kabupaten Gresik sudah bergerak dan menyiapkan berbagai hal untuk mewujudkan Program Gresik Halal Center tersebut, salah satunya yang sudah digagas Bupati Gresik yang akan membuat Kawasan Industri Halal (KIH) di wilayah Sidayu sebagai proyek percontohan produk makanan dan minuman halal di Jawa Timur,” ungkapnya.

Bu Min berharap adanya Gresik Halal Center (GHC) serta pelatihan tersebut dapat memberikan dukungan yang lain di Kabupaten Gresik juga terhadap pengembangan Jawa Timur sebagai kawasan industri halal, termasuk di sektor makanan dan minuman (mamin) sesuai program Gubernur Jawa Timur.

“Mudah-mudahan dengan dikukuhkannya Juleha ini, Pelaksanaan penyembelihan hewan Qurban baik yang besar atau yang kecil dapat terlaksana dengan tuntunan syariat Islam dan teroganisir secara baik,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur Gresik Halal Center (GHC) Abdul Malik mengatakan pengukuhan Gresik Halal Center (GHC) merupakan spirit konstitusional amanah Pemerintah melalui UU 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal.

“Juru sembelih halal (Juleha) dalam rangka menyiapkan juru sembelih yang berkompetensi dan profesional menyambut hari raya Qurban untuk menjamin tersedianya daging Qurban yang halal baik saat penyembelihan maupun saat proses,” katanya.*

 

Full Day School