Minggu, 29/05/2022 | 05:14 WIB
Gresik Satu

Puncak HPN Gresik 2022, PWI Gresik Berikan Penghargaan Sejumlah Tokoh Berpengaruh di Bidangnya

Penghargaan Giri Pancasuar Awards di gelar meriah pada Puncak Acara HPN 2022 / foto : Faiz

GresikSatu | Puncak Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022, sejumlah tokoh di Kabupaten Gresik mendapatkan penghargaan Giri Pancasuar Awards (GPA) dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Gresik. Ada lima tokoh yang menerima GPA tahun 2022 ini. 

Diantaranya, tokoh penggerak olahraga Basuki Rahmat, kemudian perusahaan pendukung pelestarian lingkungan Cargill Indonesia-Cargill Cocoa & Chocolate Gresik. Selanjutnya pegiat ekonomi kreatif berbasis kebudayaan Achmad Nur Hasim Hamada, Ketua DPRD Gresik pertama almarhum KH Muhammad Umar Burhan, dan mantan bupati Gresik dan ulama NU almarhum KH Robbach Ma’sum. 

Acara yang bertempat di WEP, pada Kamis (24/3/2022). Beberapa tokoh Forkopimda Gresik turut hadir. Antara lain, Wabup Aminatun Habibah, Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis, dan Dandim 0817 Gresik Letkol Inf Taufik Ismail

Selanjutnya tanpa hadir, Ketua DPRD Gresik Much Abdul Qodir, Wakil Ketua DPRD Gresik Ahmad Nurhamim, Nur Saidah, serta Wagub Emil Elestianto Dardak, dan Wakil Ketua DPRD Jatim Anwar Sadad.

Baca Juga : Sendang Seno dan Tradisi Rebo Wekasan Desa Suci

Ketua DPRD Gresik Much Abdul Qodir dalam sambutannya, puncak kegiatan HPN ini sebagai bentuk sinergitas media bersama pemerintah dalam menjaga pilar demokrasi. 

“Semua rangkaian kegiatan dari PWI Gresik positif dan bermanfaat. Mempunyai potensi untuk perkembangan dunia jurnalistik,” ucapnya, 

Qodir berharap, tantangan kedepan peran media bagaimana bisa memberikan aktualisasi penyampaian berita yang benar ditengah kemajuan teknologi. 

“Bagaimana bisa memberikan informasi yang valid, ditengah menjamurnya media sosial yang belum tentu kebenarannya,” tuturnya.

Baca Juga : ASN yang Maju Sebagai Cakades, Tak Bisa Menikmati Gaji Dobel

Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah menyampaikan, peran insan pers merupakan motivasi kepada pemerintah untuk menjalankan visi misi Pemkab Gresik. 

“Apa yang diperbuat oleh Pwi Gresik, juga program oleh Pemkab Gresik,” ucapnya. 

Bu Min sapaan akrabnya, dengan program tersebut bagaimana nanti media juga bisa bersinergi dalam penanggulangan kemiskinan, pengangguran, dan infrastruktur di Kabupaten Gresik. 

“Program unggulan kami penanggulangan kemiskinan dan pengangguran di Gresik yang saat ini lebih tinggi dari pada di Jatim, walaupun pertumbuhan di ekonomi juga tinggi termasuk tinggi,” jelasnya.

Baca Juga : Suami di Sidayu Gresik Pergoki Istrinya Selingkuh, Terbongkar Karena Suara Desahan

Selain lima penghargaan GPA, Pwi Gresik juga memberikan apresiasi penghargaan kepada pegiat muda lingkungan hidup Aeshinina Azzahra , Kepala Dinkes dr Mukhibatul Khusna, PT Smelting dan Bea Cukai.

Disamping beberapa penghargaan, dan GPA. Para finalis dan pemenang lomba maskot Pwi Gresik dan Live Report juga ikut serta meramaikan puncak HPN 2022 ini. (Faiz/Sah)