Jumat, 27/05/2022 | 01:55 WIB
Gresik Satu

Puskesmas Alun-alun Bantah Adanya Praktik Vaksin Berbayar

Suasana vaksinasi di Puskesmas Alun-alun Gresik /Foto : Faiz

GresikSatu | Pihak Puskesmas Alun-alun membantah adanya praktik vaksinasi berbayar di lingkungannya. Sanggahan ini disampaikan setelah beredar kabar miring terkait vaksinasi yang tak lagi gratis, alias dikenai biaya.

Public Relation Puskesmas Alun-alun Gresik Neneng Rahayu mengatakan, selama ini di Puskesmas tidak ada penarikan biaya vaksinasi. Pihaknya memastikan, informasi yang beredar adanya vaksinasi berbayar tidaklah benar.

“Itu menjadi pekerjaan rumah bagi kami, selanjutnya kami akan bersilaturrahmi kepada akun tersebut untuk menyampaikan hal yang sebenarnya tentang vaksinasi di Puskesmas Alun-alun,” ungkapnya, Rabu (9/3/2022). 

Neneng menjelaskan, sesuai postingan yang dikeluhkan oleh akun seorang ibu @Fitri Nur memang pada hari Senin tanggal 7 Maret 2022 ada jadwal vaksinasi. Namun berdasarkan laporan yang ada di Puskesmas hanya vaksin untuk anak-anak usia 6 sampai 11 Tahun. 

“Sedangkan anak dari ibu yang posting status itu anaknya berusia 12 tahun. Dan belum ada laporan pendaftaran ke kami. Saat hari itu, total ada 14 anak yang melakukan vaksinasi. Mungkin si anak langsung balik pulang mengetahui informasi yang tidak benar itu,” papar Neneng.

Baca Juga : Heboh Dugaan Vaksin di Puskesmas Alun-alun Gresik Berbayar

Neneng berpesan, kalau sekiranya ada informasi yang  blm pasti dari sumber yang  tidak  jelas, mohon langsun info ke tim vaksin puskesmas Alun-alun. 

“Karena vaksin kita laksanakan dari Senin sampai Sabtu dan itu gratis alias tidak bayar,” pesannya. 

Koordinator Imunisasi Puskesmas Alun-alun Ummi Lailatul menambahkan, selama ini di Puskesmas terus melakukan vaksinasi mulai dosis pertama, kedua dan ketiga. Serta warga yang berasal luar daerah Gresik pun menerima vaksin di Puskesmas Alun-alun. 

“Mulai pekerja pelabuhan, lansia, anak-anak semua bisa menerima vaksin disini dengan catatan ada kouta vaksin,” ucapnya. 

Bahkan, di Puskesmas Alun-alun merupakan Puskesmas yang terpilih dari 8 Kabupaten di Indonesia melakukan vaksinasi imunisasi bayi Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV) yang sudah berusia 2 bulan. (faiz/sah)