Minggu, 27/11/2022 | 03:41 WIB
Gresik Satu
Olahraga

Putaran III Turnamen Sepak Takraw Basictas Cup 2022 Bawean, 16 Tim Siap Tanding

sepak takraw bawean
Salah satu pertandingan babak penyisihan Turnamen Sepak Takraw Basictas Cup 2022 di Desa Balikterus, Kecamatan Sangkapura Pulau Bawean. / (Foto:Faiz/gresiksatu.com)

GresikSatu | Turnamen Sepak Takraw Basictas Cup 2022 di Desa Balikterus, Kecamatan Sangkapura Pulau Bawean sudah memasuki babak putaran ke III. Dari 64 klub tersisa 16 klub yang akan bertanding mulai besok, Jumat (29/7/2022).

Ketua Panitia Turnamen Sepak Takraw Basictas Cup 2022 Abdul Aziz mengatakan, 16 klub yang sudah lolos pada putaran ke III akan dimulai tanggal 29 Juli sampai 1 Agustus. Tentu banyak pemain bon-bonan (pemain luar,red) yang memperkuat masing-masing klub di Lapangan Batu Putri Desa Balikterus, Kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean.

“Kalau di putaran pertama memang ada sebagian klub yang sudah ada pemain bon-bonan. Pada putaran ke III klub bisa bongkar pasang pemain. Artinya bisa menurunkan tiga pemain bonan semua. Kalau di putaran pertama kedua hanya satu atau dua saja. Itu yang membedakan setiap putaran hingga nanti final,” paparnya.

Dijelaskan, para pemain bon-bonan ini berasal dari berbagai daerah. Mulai Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, bahkan Sumatera dan juga ada rencana salah satu klub akan memainkan bon-bonan dari Timnas Indonesia.

“Alhamdulillah semua pemain bermain sportif. Hingga banyak tokoh masyarakat sekitar yang mengapresiasi,” jelasnya.

Diakuinya, antusias penonton masyarakat Bawean sangat memadai pada turnamen perdana ini. Terbukti, dari kapasitas 700 tempat duduk (Seat Red) rata-rata ada sekitar 300 penonton setiap hari. Selain itu pada momentum turnamen ini, masyarakat sekitar terbantu dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Desa. Ada stand yang menjual beberapa produk potensi desa. Salah satunya gula aren Bawean.

“Kami berharap turnamen ini bisa memunculkan bibit unggulan atlet Takraw di Bawean. Sekaligus bisa mempromosikan potensi lokal gula aren ke masyarakat,” harapnya.

Ketua Pemuda Balikterus Jamaluddin menambahkan, kendati masih jauh dari fasilitas memadai untuk turnamen. Pihaknya optimis dari penjualan tiket bisa memberikan sumbangsih untuk pembangunan fasilitas lapangan kedepannya.

“Semoga nanti banyak pihak yang mendukung, dan memberikan kontribusi untuk pembangunan fasilitas atlet Takraw di Desa Balikterus ini,” ucap pria yang juga Ketua klub Basictas.

Diketahui, pada putaran ke III ini harga tiket masuk pun berubah. Harga tiket masuk per orang Rp 10 ribu dari harga sebelumnya Rp 8 ribu.

Klub yang lolos masuk ke putaran III Turnamen Sepak Takraw Basictas Cup 2022 diantaranya :

Grup A
Klub Arlang, dari Dusun Kalimalang Desa Daun. STDJ dari Dusun Dungaiterusdeje Desa Balikterus. Harimau Putih dari Dusun Daun Laut, Desa Daun. Putra Nirwana dari Dusun Sungaiterus Laok, Desa Balikterus, Sebentar dari Dusun Daun Barat, Desa Daun. Gessit Dusun Daun Timur Desa Daun. KLCC dari Dusun Kalosor Laccar Desa Kebuntelukdalam, dan Asam Jaya dari Dusun Daun Barat.

Grup B
Bangau putih dari Dusun Balibak Gunung, Desa Gunungteguh. Garuda Muda dari Dusun Langkap Desa Kepuh Teluk. Mutiara Indah Daun dari Barat. Bataco dari Dusun Rujing, Desa Kebuntelukdalam. Gajah Mada dari Dusun Made, Desa Pudakittimur, KL118 dari Dusun Kalimalang Desa Daun. Sinar Bukit dari Dusun Sudimara Desa Balikterus. Dan Asam Jaya asal Dusun Daun Barat.

Bagi klub yang lolos dari putaran ke III akan dilanjutkan ke perempat final, semifinal pada tanggal 4 agustus nanti. Sampai pada final nanti tanggal 5 Agustus mendatang. (Faiz/Tov)

Baznas Gresik