Kamis, 30/06/2022 | 02:34 WIB
Gresik Satu
Lifestyle

Rayakan Bulan Menggambar, Pelukis Cilik Sanggar Daun Gelar Pameran Lukisan Hitam Putih

Teks foto : Shafiyyah Hasna Rahman saat melihat lukisan hitam putih gedung Kali Mas Surabaya peninggalan yang dibangun Belanda (Faiz /gresiksatu.com)

GresikSatu | Dalam merayakan momen perayaan bulan menggambar di Bulan Mei ini, Komunitas Sanggar Daun kembali menggelar pameran lukisan.

Dalam gelaran tersebut, Sanggar Daun binaan Arik S Wartono itu mempamerkan puluhan karya pelukis cilik. Pemaran lukisan yang bertajuk “Daun Drawing Exhibition 2022” digelar di Gallery lantai 2 Icon Mall Gresik.

Unikanya lagi, karya yang dipamerkan pelukis cilik ini, konsepnya tidak seperti pada umumnya. Lukisan digambar di atas canvas dengan warna hitam dan putih.

Pendiri dan Pembina Utama Sanggar Daun Arik S Wartono mengatakan, ada 27 karya anak pelukis cilik yang dipamerkan saat ini. Mereka datang dari berbagai daerah.

“Seperti, Gresik, Surabaya, Sidoarjo, Malang, Kudus, Yogyakarta, Depok, Jakarta dan Denpasar,” katanya, Minggu (22/5/2022).

Baca Juga : Petani Tambak Mengare Meradang, Banjir Rob Akibatkan Ikan Lepas ke Laut

Sedangkan karya yang dipamerkan ada sebanyak 65 karya. Perinciannya, 50 karya manual drawing dengan media kertas dan kanvas dalam berbagai ukuran.

“Kemudian 14 karya digital drawing penyajian print kertas, dan 1 karya multimedia drawing (animasi),” ucapnya.

Menurutnya, para peserta pameran diikuti dari berbagai usia. Mulai dari usia 5 tahun hingga 22 tahun. Terdiri dari karya terkecil ukuran 20 x 20 Cm dan karya terbesar ukuran 150 x 100 Cm.

Pameran ini sealigus bentuk support Sanggar Daun atas upaya Forum Drawing Indonesia (FDI) menjadikan bulan Mei sebagai Bulan Menggambar Nasional Indonesia.

Baca Juga : Sejumlah Warga Terisolasi, Jalan di Desa Cangkir Driyorejo Dipagari Pemilik Lahan

Salah satu peserta pameran lukisan Sanggar Daun Shafiyyah Hasna Rahman mengaku tertantang dengan konsep baru yang ditawarkan. Dirinya merasa senang telah melukis dengan konsep hitam putih.

“Saya ingin mencoba hal yang baru, dulu sudah sering melukis berwarna. Sekarang berbeda dan hasilnya bagus. Ustadz Arik pun mendukung,” bebernya.

Sebagai catatan pameran akan berlangsung mulai, Sabtu (21/5/2022) kemarin, hingga tanggal 29 Mei mendatang. Hadirnya pameran di tempat pembelajaan mall, sangat memiliki daya tarik tersendiri bagi pengujung. (faiz/aam)

Full Day School