Minggu, 26/06/2022 | 02:08 WIB
Gresik Satu
Badokan Gresik

Resep Es Gabus dari Daun Kelor, Ala Siswa SD Muhammadiyah Gresik

Jajanan es gabus dari daun kelor / fofo : sah

GresikSatu | Seorang siswa sekolah dasar (SD) di Gresik, berhasil mengkreasikan daun kelor, menjadi es gabus, yang kaya vitamin dan menyehatkan.

Rasanya yang lezat, membuat jajanan ringan ini, menjadi favorit.

Tanaman kelor (moringa oleivera), yang banyak tumbuh di pekarangan rumah warga, menginspirasi Qarsafah Al Zahiliyah Rahmawati, siswa SD Muhammadiyah 1 GKB Gresik.

Pelajar yang duduk di bangku kelas 5 ini, berhasil  mengkreasikan daun tanaman kaya manfaat kesehatan ini, menjadi jajanan tempo doeloe, yakni es gabus, dan diberi nama “wonderful ice”.

Baca Juga :  Hebat, SMK Al-Azhar Menganti Sabet Juara Satu Car Panting Wilker

Qarsafsah, yang biasa dipanggil safa, mengatakan, tertantang mengkreasikan tanaman kelor. Karena jenis tumbuhan ini, mudah didapat, dan banyak tumbuh di sdkitar lingkungan rumah dan sekolah.

“Resep pembuatan es gabus tercipta, setelah melakukan uji coba, selama 6 kali, dengan bimbingan gurj di sekolahnya,” katanya, Sabtu (15/1/2022).

Resep Pembuatan

Proses pembuatan wonderful ice, terbilang sederhana. Daun kelor yang tumbuh di pekarangan rumah, dipetik dahulu. Kemudian dibersihkan dengan air lalu digiling dengan blender.

“Usai digiling dengan blender, sari pati daun kelor, ditambahkan susu bubuk, tepung, gula aren, dan santan kelapa,” paparnya.

Adonan daun kelor, kemudian digoreng, hingga menjadi adonan. Dilanjutkan dengan proses pengemasan, kemudian didinginkan dalam lemari es.

Baca Juga : Mencicipi Sate Laler Khas Gresik Utara Bikin Lidah Bergoyang 

Secara keseruluhan, jajanan ini, memadukan daun kelor, dengan air, susu bubuk, tepung, gula aren, dan santan,  mengolahnya menjadi jajanan tempo doeloe yakni es gabus.

“Selain sehat teman-teman banyak yang suka. Ditambah bahan mudah ditemukan di pekarangan rumah,” terangnya. **

Full Day School

Tinggalkan Komentar