28.4 C
Indonesia
Sab, 3 Desember 2022
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

28.4 C
Indonesia
Sabtu, 3 Desember 2022 | 11:54:48 WIB

Resep Es Gabus dari Daun Kelor, Ala Siswa SD Muhammadiyah Gresik

GresikSatu | Seorang siswa sekolah dasar (SD) di Gresik, berhasil mengkreasikan daun kelor, menjadi es gabus, yang kaya vitamin dan menyehatkan.

Rasanya yang lezat, membuat jajanan ringan ini, menjadi favorit.

Tanaman kelor (moringa oleivera), yang banyak tumbuh di pekarangan rumah warga, menginspirasi Qarsafah Al Zahiliyah Rahmawati, siswa SD Muhammadiyah 1 GKB Gresik.

Pelajar yang duduk di bangku kelas 5 ini, berhasil  mengkreasikan daun tanaman kaya manfaat kesehatan ini, menjadi jajanan tempo doeloe, yakni es gabus, dan diberi nama “wonderful ice”.

Baca Juga :  Hebat, SMK Al-Azhar Menganti Sabet Juara Satu Car Panting Wilker

Qarsafsah, yang biasa dipanggil safa, mengatakan, tertantang mengkreasikan tanaman kelor. Karena jenis tumbuhan ini, mudah didapat, dan banyak tumbuh di sdkitar lingkungan rumah dan sekolah.

Baca juga:  Usai Vaksin, Siswa SD Muhammadiyah Gresik Dapat Bonus Naik Mobil Patroli Polisi

“Resep pembuatan es gabus tercipta, setelah melakukan uji coba, selama 6 kali, dengan bimbingan gurj di sekolahnya,” katanya, Sabtu (15/1/2022).

Resep Pembuatan

Proses pembuatan wonderful ice, terbilang sederhana. Daun kelor yang tumbuh di pekarangan rumah, dipetik dahulu. Kemudian dibersihkan dengan air lalu digiling dengan blender.

“Usai digiling dengan blender, sari pati daun kelor, ditambahkan susu bubuk, tepung, gula aren, dan santan kelapa,” paparnya.

Adonan daun kelor, kemudian digoreng, hingga menjadi adonan. Dilanjutkan dengan proses pengemasan, kemudian didinginkan dalam lemari es.

Baca Juga : Mencicipi Sate Laler Khas Gresik Utara Bikin Lidah Bergoyang 

Secara keseruluhan, jajanan ini, memadukan daun kelor, dengan air, susu bubuk, tepung, gula aren, dan santan,  mengolahnya menjadi jajanan tempo doeloe yakni es gabus.

Baca juga:  Kuliner Unik Sego Kuning Kapal di Acara Tradisi Padusan Tlogopojok Gresik 

“Selain sehat teman-teman banyak yang suka. Ditambah bahan mudah ditemukan di pekarangan rumah,” terangnya. **

Komentar

Berita Terpopuler

Penetapan UMK Gresik 2023, Buruh Tuntut Kenaikan Gaji Sebesar Rp 4,9 Juta

GresikSatu | Penetapan Upah Minimum Kabupaten (UMK) 2023 di Gresik sepertinya akan berjalan alot. Antara pengusaha, buruh dan pemerintah belum menemukan titik terang. Untuk...

Ini Tampang Pesilat Pelaku Penganiayaan Pedagang Nanas di Driyorejo Gresik 

GresikSatu | Lima pelaku penganiayaan di Pasar Gadung, Driyorejo, Gresik sudah diamankan polisi. Kelima pelaku yang menewaskan Eko Bayu Asmoro (21) warga Desa Sumberejo,...

DPMPTSP Jatim Gencarkan Roadshow Pelayanan Perizinan Gratis di Gresik

GresikSatu | Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan DPMPTSP Gresik menggelar roadshow pelayanan perizinan gratis...

Profil Pelajar Pancasila sebagai Rekonstruksi Sosial pada Kurikulum Merdeka

Oleh : Sussi Widiastuti  Pemerintah telah melakukan perubahan sistemik untuk mengatasi krisis pembelajaran yang terjadi cukup lama yang diperparah oleh Pandemi Covid-19. Melalui Kurikulum Merdeka...

Baru Menikah Satu Bulan, Pasutri di Gresik Terlibat Kecelakaan, Suami Meninggal, Istri Luka-luka 

GresikSatu | Nasib nahas dialami pasangan suami istri (pasutri) Budi Masangga Setiawan (23) dan Izzatul Muhida (24). Pasangan muda, yang baru saja menjalin rumah...
Berita terbaru
Berita Terkait