Jumat, 27/05/2022 | 23:12 WIB
Gresik Satu

Resmikan Kopsyah MUI dan Retail Ideal Mart, Gus Yani: Harus Bisa Bawa Produk Pesantren

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat meresmikan Koperasi Syariah Mitra Usaha Ideal (KOPSYAH-MUI) Jatim sekaligus Launching Retail Ideal Mart, Kamis (3/2/2022). / Foto: Humas Pemkab Gresik

GresikSatu I  Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani meresmikan Koperasi Syariah Mitra Usaha Ideal (KOPSYAH-MUI) Jatim sekaligus Launching Retail Ideal Mart yang bertempat di Jl Pahlawan Desa Ngawen Kecamatan Sidayu. Peresmian Kopsyah MUI dan Retail Ideal Mart ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dan Pengguntingan pita oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani.

Peresmian Kopsyah MUI dan Grand Opening Retail Ideal Mart tersebut juga dihadiri oleh Ketua Koperasi Syariah Mitra Usaha Ideal (KOPSYAH-MUI) Jatim Abdul Muhith, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Gresik KH. Mansoer Sodik, KH. Chusnan Ali, Muspika Kecamatan Sidayu, Tokoh Agama serta jajaran pengurus Kopsyah MUI Jatim cabang Gresik.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dalam sambutannya menyampaikan, atas nama pemerintah mengucapkan selamat atas berdirinya Kopsyah MUI Jatim dan Retail Ideal Mart. Hal ini menunjukkan suatu impelementasi kegiatan berbentuk ekonomi syariah umat islam di Kabupaten Gresik dalam bentuk koperasi.

“Dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Koperasi berbasis syariah menjadi alternatif masyarakat dengan pembiayaan yang murah dan mudah untuk permodalan usaha dalam bisnis UKM dan UMKM di Kabupaten Gresik. Kita berharap dengan Koperasi Syariah ini, mampu menjawab tantangan terhadap ekomomi Umat,” katanya.

Lebih lanjut Bupati yang akrab disapa Gus Yani ini mengatakan, Adanya Koperasi berbasis syariah bersama Ideal Mart merupakan terobosan yang luar biasa yang hadir tujuannya untuk kemandirian ekonomi sebuah Enterpreneurship untuk kemaslahatan masyarakat.

Gus Yani menegaskan produk produk didominasi dari pondok pesantren tujuannya untuk mendukung produk buatan asli lokal untuk kemandirian dan mendorong ekonomi umat,”ujar Gus Yani seraya berpesan agar pengurus Koperasi Syariah Mitra Usaha Ideal (KOPSYAH-MUI) dan Retail Ideal Mart dapat menjalankan amanah dengan baik.

“Cara memulai usaha baru bukan lah suatu hal yang mudah. Kopsyah MUI dan Toko Ideal Mart harus bisa membawa produk produk pondok pesantren untuk dipasarkan,”terangnya, Kamis (3/3/2022).

Sementara itu Ketua Koperasi Syariah Mitra Usaha Ideal (KOPSYAH-MUI) Jatim Abdul Muhith mengatakan Kopsyah MUI Jatim sudah beroperasi di 3 (tiga) Cabang Kabupaten/Kota diantaranya Surabaya,Gresik dan Lamongan dengan total keseluruhan sebanyak 15 kantor cabang, Salah satunya kantor pusat yang saat ini diresmikan oleh Bupati Gresik.

“Insya Allah tahun depan Kopsyah MUI akan menyentuh seluruh wilayah Jawa Timur sesuai wilayah kerja kita,”.

Abdul Muhith menjelaskan, Gedung yang diresmikan hari ini di konsep 3 (tiga) lantai dimana lantai 1 digunakan retail Ideal Mart salah satu retail terluas dan terlengkap dari beberapa retail yang ada di beberapa Kecamatan lain, Sedangkan lantai 2 untuk Manajemen usaha simpan pinjam syariah kemudian lantai 3 digunakan untuk ruang meeting sebagian juga digunakan Foodcourt,”terangnya.

Tidak hanya itu Kopsyah MUI Jatim juga bekerjasama dengan PT Maspion Grup sekaligus ditunjuk sebagai Distributor pemasaran berbagai produk Maspion dengan harga dibawah pasar.

“Pihaknya berharap dengan hadirnya Koperasi simpan pinjam berbasis syariah Kopsyah-MUI dan Retail Mart ini dapat dapat memberikan manfaat untuk warga masyarakat Sidayu dan sekitarnya,” ungkap Muhith.**