Sabtu, 26/11/2022 | 22:48 WIB
Gresik Satu
Lifestyle

Resto Al Hambra, Bekas Kandang Ayam Disulap Jadi Rumah Makan Berkonsep Keluarga

resto al hambra (2)
Resto Al Hambra di Desa Duduksampeyan yang memiliki fasilitas memancing dan tempat bermain untuk anak-anak, Jumat (29/7/2022)./ (Foto:TBK/gresiksatu.com)

GresikSatu I Sebuah resto berkonsep keluarga dengan fasilitas tempat mainan anak-anak dan kolam pancing ada di Desa Duduksampeyan, Kabupaten Gresik. Resto and fishing Al Hambra sangat nyaman untuk di kunjungi apalagi bersama keluarga, buka setiap hari mulai jam 9 pagi hingga pukul 22.00 wib.

Fasilitas gedung tempat makan sangat luas, bisa menampung sekitar 200 orang, juga dilengkapi dengan adanya ruang VIP kapasitas 30 orang. Al Hambra sering digunakan acara-acara seperti resepsi pernikahan dan acara lainnya. Juga ada fasilitas panggung untuk karaoke, juga ada even live musik akustik setiap Jumat malam dengan band-band lokal.

Resto Al Hambra semula tempat bekas kandang ayam yang lama terbengkalai, bertempat di sebelah selatan pasar Duduksampeyan ini didirikan Hanif (40), Kemudian ia memiliki ide untuk membangun tempat mainan anak-anak disertai dengan rumah makan.

Hanif menceritakan bisnis resto ini dimulai pertengahan Mei 2022 lalu. Awalnya hanya tempat untuk hiburan keluarga, namun setelah melihat tempat yang sangat luas, akhirnya memutuskan untuk menambah dengan membangun sebuah tempat untuk makan.

“Resto and fishing Al Hambra ini ide keluarga, awalnya tempat ini kandang ayam yang tidak terpakai lama. Awalnya buka untuk mainan anak-anak tapi akhirnya keluarga menyarankan sekalian buka resto yang berkonsep keluarga,” katanya, Jumat (29/7/2022).

Pria asli Desa Duduksampeyan ini menjelaskan di resto ini menu kuliner yang disediakan seperti gurami bakar, asem asem khotok (ikan gabus), bandeng dan pepesan khotok, tapi juga ada menu makanan lainnya hasil kreasi dari resep keluarga. Minuman yang tersedia ada minuman ande-ande lumut atau es dawet dan es campur serta minuman tradisional lainnya.

“Banyak menu di Al Hambra, menu kuliner tradisional, seperti pepes khotok, dan menu ikan bakar lainnya. Tentu yang menjadi andalan kami asem-asem khotok, semua resep kuliner dari keluarga. Untuk minuman ada es dawet, es campur dan lain-lain,” ucap Hanif.

Bapak satu anak ini menyebut karena bisa menampung sekitar 200 orang, Al Hambra sering digunakan untuk beberapa acara seperti acara pernikahan, ulang tahun, nobar bola dan acara-acara dinas bahkan acara reses dewan Gresik juga pernah diadakan di Al Hambra.

“Alhamdulillah, selain resepsi pernikahan dan ulang tahun, ada organisasi atau perkumpulan lainnya sering datang untuk memesan tempat kami. Seperti klub gowes, nobar bola, bahkan dari ikatan bidan dan reses dewan pernah di sini,” jelas Hanif.

Al Hambra menyediakan fasilitas seperti kolam pancing, setiap Jumat ada live musik akustik dengan band lokal dan panggung karaoke jika ada acara resepsi. Juga fasilitas bermain untuk anak-anak seperti mandi bola, rumah balon dan sepeda motor memakai tenaga aki.

“Untuk fasilitas mainan anak, kami memasang tarif Rp. 10 ribu untuk motor bertenaga aki untuk anak anak durasi 30 menit, mandi bola dan rumah balon rata rata 10 ribu sepuasnya. Memancing tiket 10 ribu dapat air mineral dan Snack. Sewa joran 10 ribu plus pakan. Sistem kiloan dengan ikan tombro, lele dan gurami, jaher nila dan bandeng. Buka tiap hari,” terang Hanif. (Tov)

Baznas Gresik