25.4 C
Indonesia
Sel, 6 Desember 2022
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

25.4 C
Indonesia
Selasa, 6 Desember 2022 | 8:07:45 WIB

Sambut 10 November, SD YIMI Gresik Gelar Parade Kirab dan Tabur Bunga di Makam Pahlawan

ADVERTISEMENT

SCROLL UNTUK LANJUTKAN MEMBACA

GresikSatu | Dalam menyambut hari pahlawan 10 November, Sekolah Dasar (SD) Yayasan Islam Malik Ibrahim (YIMI) mengelar parade kirab. Gelaran kegiatan ini berlangsung antusias diikuti oleh seluruh siswa-siswi SD YIMI Gresik.  

Tampak para siswa mengenakan kostum layaknya para pejuang kemerdekaan beserta bendera merah putih dan bambu runcing. Hal tersebut mntuk mengenang jasa pahlawan saat pertempuran 10 November.

Tak ketinggalan, kereta kencana beserta dua ekor kuda yang dinaiki siswa layaknya ulama masa dahulu, dan tim drum band menyertai parade kirab tersebut. Di sepanjang jalan, juga terdapat lantunan pidato berapi-api Bung Tomo saat tragedi 10 November disuarakan dalam parade tersebut.

Waka Kesiswaan SD YIMI, Musdalifah mengatakan, ratusan siswa beserta guru dam wali murid mengikuti kirab menyambut Hari Pahlawan ini. Total ada 525 peserta dari siswa kelas I sampai kelas VI. Para siswa berjalan mulai dari Sekolah, berkeliling melewati Makam Maulana Malik Ibrahim, lalu berhenti sejenak di Pendopo. 

Baca juga:  Inilah 5 Tokoh Pahlawan Nasional Pejuang Kemerdekaan yang Berasal dari Gresik

“Saat di Pendopo, beberapa siswa menampilkan teaterikal perjuangan kemerdekaan Indonesia 10 November. Serta tampilkan parade payung yang membentuk bendera merah putih,” ucapnya, Rabu (09/11/2022).

[penci_related_posts dis_pview=”no” dis_pdate=”no” title=”Baca Juga ” background=”” border=”” thumbright=”no” number=”1″ style=”list” align=”none” withids=”” displayby=”tag” orderby=”date”]

Selain penampilan tersebut, para siswa juga berziarah menabur bungah di Makam Pahlawan Gresik. Hal tersebut sebagai bentuk memberikan edukasi dalam mengenang jasa pahlawan. 

“Kegiatan kirab beserta ziarah makam ini merupakan perdana di Sekolah yang berada di Jalan KH Agus Salim, yang sebelumnya hanya kegiatan berdoa kepada pahlawan di Sekolah, dan tabur bungah saja,” jelasnya. 

Dengan kegiatan ini, pihaknya berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan secara Istiqomah. Untuk mengenang dan mengenalkan jasa jasa pahlawan di momentum peringatan 10 November ini. 

Baca juga:  Inilah 5 Tokoh Pahlawan Nasional Pejuang Kemerdekaan yang Berasal dari Gresik

“Mereka (Pahlawan) sudah memperjuangkan Indonesia, bagaimana nanti kita meneruskan jasa pahlawan dan ulama di Indonesia, khususnya Gresik,” tambahnya. 

Salah satu siswa Afiq mengaku senang mengikuti parade kirab hari pahlawan ini. Dirinya bersama siswa kelas VI lainnya mengenakan kostum pejuang kemerdekaan. Berkaos putih, membawa slayer merah putih, dan bambu runcing.

“Senang banget, bisa mengenang jasa pahlawan saat berjuang mempertahankan kemerdekaan dari para penjajah,” ucap siswa SD YIMI Gresik itu. (faiz/aam)

Komentar

Berita Terpopuler

Motor Penyok Pengendara Tewas, Ini Kejadian Laka Maut di Driyorejo Gresik

GresikSatu | Nasib nahas dialami Yohana Rosario Ayunda Tarno (20), warga Desa Sumput, Kecamatan Driyorejo, Gresik. Ia dinyatakan meninggal setelah terlibat kecelakaan di Jalan...

Bukan di Bawean, Penampakan Buaya Viral Ternyata di Pelabuhan Perbatasan Gresik – Surabaya

GresikSatu | Penampakan buaya di perairan Bawean Gresik mengundang pertanyaan dari banyak pihak. Setelah diteliti, lokasi penampakan ternyata tidak di Pelabuhan Bawean. Melainkan di Pelabuhan...

Mangkir Lagi, Terduga Pelaku Sodomi Gresik Masih Bebas Berkeliaran

GresikSatu | Terduga pelaku sodomi di Kabupaten Gresik masih bebas berkeliaran. Unit PPA Satreskrim Polres Gresik bahkan telah melakukan panggilan ke tiga kalinya, namun...

Kolaborasi Ultras, dan Gresik United, Meriahkan HUT Gresiksatu.com ke 1 

GresikSatu | Momentum perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Gresiksatu.com ke - 1, berkolaborasi bersama Ultras Gresik, dan Gresik United (GU), berlansung, Sabtu (3/13/2022) tadi...

Dirgahayu Gresik Satu, Menuju Pers yang Bebas dan Sehat

Catatan dari Priyandono Di sela-sela kesibukan sebagai pengawas sekolah, kegiatan yang berkaitan dengan tulis menulis tetap saya lakukan. Ora ketang klungsu, melu udhu. Artinya, mencoba...

Gelar Musywil Jatim di Gresik, Alumni Pesantren Tebuireng Bedah Pemikiran KH Hasyim Asyari di Bidang Pendidikan

Gresiksatu | Ikatan Keluarga Alumni Pesantren Tebuireng (IKAPETE) menggelar seminar pemikiran Hadratusy Syaikh KH Hasyim Asy'ari bidang pendidikan. Kegiatan itu sekaligus dalam rangkaian Musywil...
Berita terbaru
Berita Terkait