Minggu, 25/09/2022 | 18:55 WIB
Gresik Satu
Berita Gres

Sambut Satu Muharram 1444 H, Ratusan Warga di Bawean Baca Burdah Keliling Desa

warga bawean baca burdah
Warga Dusun Daun Timur Desa Daun berkeliling desa usai sholat ashar sambil membaca Burdah menyambut 1 Muharram 1444 H./ (Foto : Faiz /Gresiksatu.com)

GresikSatu| Perayaan tahun baru Islam 1 Muharram 1444 H dimulai malam ini, Jumat (29/7/2022). Misalnya di Pulau Bawean. Ada banyak kegiatan keagamaan di Pulau berjuluk Pulau Putri ini. Mulai dari acara Istighosah, sholat dan doa bersama, hingga burdah bersama. Misalnya di Desa Daun, Kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean. Setelah lepas sholat ashar, warga disana keluar dari rumah berkeliling desa membaca burdah.

Pembacaan burdah keliling ini merupakan rutinan turun temurun di Desa bagian timur Kecamatan Sangkapura. Harapannya, kegiatan pembacaan burdah keliling ini bisa menolak balak dan membawa keselamatan dan ketentraman warga.

Tampak kegiatan diawali dengan pembacaan sholawat. Lalu berhenti di tempat tertentu dilakukan adzan. Kembali membaca burdah hingga khatam. Warga melewati jalan poros desa, sawah hingga sungai sembari membaca burdah.

Salah satu warga Desa Daun Muhammad Yamin mengatakan, perayaan burdah keliling sebagai melestarikan kearifan lokal keagamaan di Desa Daun. “Setiap tahun baru Islam semua warga mulai anak-anak sampai orang tua berkeliling membaca burdah,” ucapnya, Jumat (29/7/2022).

Dijelaskan, semua serentak merayakan tahun baru Islam. Karena perayaan ini juga termasuk ibadah sakral bagi masyarakat Bawean.

“Semoga warga di Pulau Bawean khusunya Desa Daun diberikan kesehatan, banyak rezeki dan selamat dunia akhirat,” harapnya.

Lain halnya di Desa Sungairujing, masyarakat gelar sholat maghrib berjamaah dan doa bersama di Lapangan. Momentum tahun baru ini benar-benar dirayakan meriah di Pulau Bawean. Bahkan masyarakat di Kecamatan Sangkapura gelar pawai satu Muharram 1444 H di Alun-alun Bawean. Sedangkan di Kecamatan Tambak masyarakat gelar doa dan makan bersama di setiap Masjid dan Musala. (Faiz/Tov)