Selasa, 04/10/2022 | 14:14 WIB
Gresik Satu
Berita Gres Hukrim

Satpol PP Gresik Buru Pelaku Vandal di Kampung Pecinan Gresik

Aksi vandalisme di Kampung Pecinan Gresik / foto : Faiz

GresikSatu | Satpol PP Kabupaten Gresik kini tengah melakukan pemburuan, terhadap para pelaku aksi vandal di Kampung Pecinan. Aksi vandal yang mencoret tembok di kawasan wisata haritage sangatlah meresahkan.

Ditambah kawasan ini barusaja direnovasi oleh Pemkab Gresik untuk dijadikan wisata heritage. Sebuah wisata yang menyajikan pemandangan kota lama.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Pemkab Gresik Ida Lailatus Sa’diyah mengaku miris melihat aksi tidak terpuji itu.

Padahal, pemerintah berupaya menata kawasan melalui program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) agar menjadi kawasan yang memiliki nilai lebih.

Baca Juga : Baru Bulan Kemarin Dipercantik, Kawasan Pecinan Gresik Sudah Penuh Vandal

Terkait aksi vandalisme itu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan keamanan setempat. Apabila kembali ditemui aksi tersebut, pihaknya akan memberikan sanksi.

“Untuk coretan itu, ada perusahaan cat yang akan membantu CSR agar terihat bagus lagi,” ucapnya, Kamis (3/3/2022). 

Ida berharap masyarakat juga turut menjaga kawasan yang sudah ditata bagus itu. Apalagi terdapat ornamen-ornamen unik khas etnis di sekitar yang jarang ditemui.

Baca Juga : Ratusan Guru di Gresik Ikuti Program Sekolah Penggerak

Sementara itu, Kepala Satpol PP Pemkab Gresik Suprapto mengaku, bakal tak segan memberikan sanksi kedepannya. Pihaknya juga akan menerjunkan personil untuk rutin mengontrol kawasan tersebut.

“Apabila masyarakat tahu, segera diinfokan, atau langsung dibawa ke pos jaga di Alun-alun,” ucapnya. (faiz/sah)