Selasa, 04/10/2022 | 14:32 WIB
Gresik Satu
Uncategorized

Selama Tiga Bulan, Damkarla Gresik Sudah Evakusi 53 Ular Jenis Piton  

Petugas Damkarla saat evakuasi Ular piton yang ditemukan di Selokan rumah warga Desa Randuagung Gresik / foto : Faiz

GresikSatu | Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarla) Pemkab Gresik kembali melakukan penyelamatan (Rescue Red) ular piton di Jalan Taman Brantas, RT 04 RW 04 Desa Randuagung, Kebomas. 

Mulanya, ular piton ukuran 3 meter itu ditemukan warga setempat saat mencuci mobilnya sekitar pukul 08.02 WIB, Minggu (13/3/2022). Tiba-tiba ular muncul dari dalam selokan pasca memakan kucing.

Warga setempat pun takut dan waspada, ular kembali masuk selokan lagi dan warga yang lain Sofyan melaporkan ke Dinas Damkarla Gresik. 

Kepala Dinas Damkarla Pemkab Gresik Agustin Halomoan Sinaga langsung cepat tanggap atas laporan warga untuk penyelamatan dan evakuasi ular. Sebanyak tujuh petugas dan satu unit kendaraan menuju lokasi tempat ular piton. 

“Sekitar pukul 08.56 WIB sudah selesai penyelamatan ular di Selokan rumah warga,” ungkap Sinaga.

Baca Juga : Tidurkan Sang Anak Tapi Lupa Matikan Kompor, Rumah di Kebomas Hangus Terbakar

Kendati tidak ada korban jiwa, materiil, dan kendala. Sinaga menghimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati jika ada hal kejadian yang serupa. 

“Tenang saja, warga tidak usah gugup dan takut, kami Damkarla Gresik siap siaga untuk bantu warga Gresik,” ujarnya. 

Seperti biasanya, hasil dari evakuasi ular oleh Damkarla akan diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). 

“Sedangkan penyelamatan ular di Bulan Maret ini ada 15 ular diselamatkan, dan sepanjang tahun 2022 ada 53 ular yang diselamatkan Damkarla Gresik,” pungkas Sinaga. (faiz/sah)