Sabtu, 28/05/2022 | 05:13 WIB
Gresik Satu

Sempat Gigit Petugas, ODGJ di Pasar Lama Gresik Berhasil Ditertibkan 

Teks foto : Petugas Dinsos dan Satpol PP Gresik saat mengamankan ODGJ yang kerap meresahkan warga di Pasar Lama Gresik (Istimewa)

GresikSatu | Petugas gabungan Dinas Sosial (Dinsos) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Gresik akhirnya berhasil menertibkan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Pasar Lama Gresik. 

Saat diamankan di tempat dekat pasar Jalan Samanhudi, Gresik. ODGJ itu sempat memberontak dan menggigit petugas gabungan itu. Namun petugas pun berhasil  membawa ODGJ yang kerap meresahkan pedagang dan pembeli ke RS Jiwa Menur Surabaya. 

Pekerja Sosial Ahli Muda Dinsos Gresik, Alfi Ariyanto membenarkan penertiban ODGJ itu. Pihaknya menerima laporan dari warga tentang tindakan ODGJ yang meresahkan warga.

“Bahkan berkata-kata kotor, kadang juga melempar batu dan membawa kayu, hingga buang air besar sembarangan,” ucap  Alfi, Sabtu (9/4/2022). 

Untuk menerima pengobatan dan perawatan, petugas lalu membawa ODGJ ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Menur Surabaya. 

“Setelah dinyatakan sembuh, Dinsos Gresik akan lakukan asesmen kepada yang bersangkutan,” ujar Alfi. 

Dari informasi yang didapat petugas, ODGJ tersebut adalah YN berusia 53 tahun. 

Terpisah, Kepala Satpol PP Gresik Suprapto mengatakan, pihaknya akan gencar melakukan patroli untuk petertiban di wilayah Gresik. 

“Selain ODGJ, kami juga akan melakukan operasi di beberapa titik di Gresik, untuk menjaga kondusifitas dan kenyamanan warga selama Bulan Suci Ramadhan ini,” ucap Suprapto.(faiz)