Sabtu, 28/05/2022 | 05:37 WIB
Gresik Satu

Serunya Pawai Takbiran Warga Bawean, Ada Patung Macan Diarak Keliling Kampung

Teks foto : Pawai takbiran saat dikarak oleh warga Kecamatan Tambak Pulau Bawean (faiz/gresiksatu.com)

GresikSatu | Menyambut Idul Fitri 1443 H warga Bawean antusias melaksanakan pawai takbiran. Kegiatan pawai keliling ini sudah menjadi tradisi di Pulau Putri julukan Pulai Bawean.

Utamanya di Kecamatan Tambak. Ratusan  warga tumplek blek di Jalan Raya Tambak. Total ada sekitar mobil pawai takbiran dari beberapa desa.

Warga berjalan mengelilingi Jalan lingkar di Kecamatan Tambak dengan gerobak pawai yang sudah dihias. Tidak ketinggalan, kembang api pun menghiasi jalan lingkar Tambak Pulau Bawean.

Ada pawai hiasan Ka’bah, burung merak, harimau, Masjid, dan aneka hiasan binatang lainnya. Warga pun berkeliling sembari melantunkan takbir.

Salah satu warga Lilik Sakdiyah mengatakan, ada sekitar 15 pawai takbiran di Kecamatan Tambak. Beberapa pawai ini persembahan dari beberapa desa di Kecamatan Tambak.

Baca Juga : Khofifah Borong Bandeng, Sebut Kekuatan Ekonomi Lokal Harus Dilestarikan

“Alhamdulillah sangat antusias warga sambut Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Ini juga merupakan tradisi di Pulau Bawean,” ungkapnya, Minggu (1/4/2022).

Dikatakan, lilik saat tiba di Jalan lingkar Kecamatan Tambak warga berjalan kaki membawa gelaran pawai ini. “Semua warga keluar melihat pawai takbiran ini,” ujarnya.

Berbeda  di Desa Daun Kecamatan Sangkapura, warga hanya berkeliling desa dengan obor sambil mengumandangkan takbir. (faiz/aam)