Jumat, 27/05/2022 | 22:25 WIB
Gresik Satu

Sukses Jalankan Program CSR dan Lingkungan, PT Cargill Gresik Dapat Penghargaan Giri Panca Suar Award

Teks Foto : Penghargaan itu diberikan Wakil Ketua DPRD Ahmad Nurhamim kepada Adi Suprayitno, Admin dan Relation Manager PT Cargill Indonesia Cargill Cocoa and Chocolate Gresik / foto : sah

GresikSatu | PT Cargill Indonesia – Cocoa and Chocolate Gresik berhasil meraih penghargaan Giri Panca Suar Award. Penghargaan bergengsi itu diberikan karena perusahaan pangan asal Amerika tersebut, sukses menjalankan program corporate social responsibility (CSR) dan lingkungan.

Penghargaan Giri Panca Suar Award sendiri, diadakan setiap tahun oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Gresik. Ajang ini dalam rangka menperingati Hari Pers Nasional (HPN). Tahun ini, acara yang diselenggarakan di Wahana Ekpresi Poesponegoro (WEP) Gresik itu berlangsung meriah, pada Kamis (24/3/2022) malam.

Deni Ali Setiyono, Ketua Panitia HPN PWI Gresik mengatakan, penghargaan diberikan PT Cargil, karena perushaan ini mampu memberikan pelestarian lingkungan melalui CSR nya. Di antaramya membantu pengeboran sumur air bersih untuk 200 sambungan rumah masyarakat Kecamatan Manyar.

“Kemudian, konservasi 6 hektar mangrove di sepanjang Kali Mireng, Manyar. Serta penyediaan 208 fasilitas akses air minum layak dan 81 fasilitas jamban sehat untuk masyarakat berpenghasilan rendah di 4 Keluarahan Kecamatan Gresik,” katanya.

“PT Cargill juga membantu penyediaan bank sampah hingga pembangunan saran pendidikan dan keagamaan,” tambahnya.

Baca Juga : Peringati Hari Hutan, Semen Indonesia Serahkan 999 Bibit Pohon, Bentuk Pelestarian Lingkungan

Sementara itu, Adi Suprayitno, Admin dan Relation Manager PT Cargill Indonesia Cargill Cocoa and Chocolate Gresik mengucapkan terima kasih kepada PWI Kabupaten Gresik. Menurutnya, kegiatan yang dilakukan Cargill di sekitar perusahaan sebagai bentuk menyukseskan SDG’S oleh pemerintah sampai tingkat desa. 

Salah satunya, pengeboran sumur air bersih hingga 130 meter.  “Sumur bor dan tandon air nantinya akan dialirkan ke 200 sambungan rumah,” jelas Adi.

Dengan sumur air bersih ini bisa membantu kebutuhan air bersih bagi 700 jiwa di Desa Manyar Sidorukun, Kecamatan Manyar Gresik.  Dengan debit 2 liter per detik untuk mandi, cuci, kakus (MCK) dan kegiatan lainnya. 

Upaya lainnya adalah pengelolaan bank sampah. Program Pengembangan Bank Sampah dan Desa Hijau Lestari yang digagas oleh Cargill Gresik tersebut, bertujuan menciptakan wilayah dan masyarakat mandiri.

“Khususnya di bidang tata Kelola lingkungan, khususnya menjadikan desa maju khusus untuk tata Kelola limbah rumah tangga organik dan nonorganik,” paparnya.

Baca Juga : DPRD Gresik Prioritaskan Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi

Selain itu, kegiatan lingkungan hidup yang dilakuan PT Cargill salah satunya penanaman mangrove di sepanjang Kalimireng seluas 6 Hektar. Mangrove Kalimireng sebagai Zona Edukasi melalui penguatan pendidikan mangrove ke anak-anak usia sekolah yang berada di sekitar Mangrove Kalimireng.

“Karena Ekoliterasi Mangrove belum menjadi media pembelajaran kontekstual bagi sekolah di desa-desa Manyar komplek,” tegasnya. (sah)