Selasa, 04/10/2022 | 14:43 WIB
Gresik Satu
Pendidikan

Sukseskan PTSL di Gresik, KKN Mahasiswa UMG Bantu Warga Pendataan Sertifikasi Tanah

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) menggelar kuliah kerja nyata (KKN) di beberapa desa di Kecamatan Manyar (faiz/gresiksatu.com)

GresikSatu | Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) kembali menggelar kegiatan kuliah kerja nyata (KKN). Menariknya, KKN para mahasiswa ini, tidak hanya mengabdikan diri ke masyarakat.

Melainkan, turut mensuskseskan kegiatan pemerintah program pendataan tanah sistematis lengkap (PTSL). Bahkan, para mahasiswa ini juga membantu warga dalam menyelesaikan administrasi untuk pendataan sertifikasi tanah selama 10 hari.

Ketua kelompok KKN 1 Dheva Oktavia mengatakan, KKN yang yang dilaluinya sudah tahap ke 7. Dalam kegiatannya, KKN kelompok 1 ini berkolaborasi bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) Gresik.

“Sudah sebanyak enam kali melakukan kegiatan bersama BPN,” ucapnya, Jumat (22/4/2022).

Baca Juga : Ibu Ini Pingsan Saat Rebutan Salaman dengan Jokowi

Menurutnya para mahasiswa melakukan KKN ini tersebar di beberapa desa di Kecamatan Manyar. Di Desa Roomo, Pejanggangan, Pongangan, Peganden, Suci, Banyuwangi, Leran, Tanggulrejo, Tebalo, Gumeno, dan Ngampel.

“Untuk membantu kegiatan PTSL di berbagai daerah di Gresik,” ujarnya.

Dikatakan, terhitung sejak 21 Maret 2022 para mahasiswa sudah melakukan kegiatan di Balai Desa masing-masing. Dengan pembekalan pengarahan dosen pembimbing lapangan Wirhayanti Nur Lailiyah.

Dalam praktek di lapangan, mahasiswa dan mahasiswi diberikan tugas untuk membantu melakukan pendataan serta menyeleksi kelengkapan data administrasi yang dilampirkan oleh pendaftar.

Baca Juga : Catut Nama Bupati dan Wabup Gresik, Kepala TPQ Asal Wringinanom Kena Tipu Rp 17 Juta

“Setelah semua pendataan dan data administrasi telah selesai maka pihak BPN dan panitia PTSL di tiap-tiap desa melakukan pemasangan patok atau pembatas agar masyarakat mengetahui batas-batas tanah yang mereka miliki,” paparnya.

Di hari terkahir KKN Kamis 21 April 2022 para mahasiswa tak lupa berterima kasih kepada para tokoh masyarakat dan perangkat  desa.

“Tak lupa membagikan cinderamata. Semoga kontribusi KKN kami bisa bermanfaat,” pungkasnya. (faiz/sah)