Minggu, 25/09/2022 | 17:44 WIB
Gresik Satu
Berita Gres

Tanamkan Jiwa Nasionalisme, Siswa Smamio Bagikan 777 Bendera Ke Pedagang Pasar

Gresiksatu.com
Para siswa saat mebagikan bendera merah putih kepada para penjual dagangan di Pasar PPS, Suci, Manyar, Gresik (Foto : Faiz /Gresiksatu.com)

GresikSatu | Menjelang detik-detik Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-77 banyak sekali kegiatan kreasi kemeriahan masyarakat. Mulai tingkat desa hingga instansi pemerintahan dan lembaga sekolah.

Misalnya, di Sekolah Muhammadiyah 10 GKB (Smamio), para siswa disana membagikan ratusan bendera merah putih kepada pengendara jalan dan para pedagang di Pasar PPS, Desa Suci, Kecamatan Manyar, Gresik.

Total bendera yang dibagikan ada 777 bendera merah putih. Pembagian bendera ini sebagai menanamkan jiwa nasionalisme untuk siswa dan kepada masyarakat.

Tampak para siswa kelas XI dan XII mengenakan busana ala pahlawan sembari memegang bendera ukuran kecil, yang dilengkapi peluit. Satu persatu masyarakat yang melintas hingga yang berjualan di area perumahan dan Pasar PPS diberikan bendera.

Para pedagang dan pembeli sangat antusias mendapatkan bendera tersebut. Terlihat, begitu bendera itu dipegang, para pedagang langsung meniupkan peluit di ujung batang bendera. Sebagian warga langsung mengibarkan bendera di tempat jualannya. 

“Ini langsung dipasang di pojok meja dagangan,” ucap Mak Nuna, penjual ikan asap.

Salah satu siswa SMA Muhammadiyah 10 Sausan Yullia Dinata mengatakan, selain membagikan 777 bendera. Para siswa didampingi guru juga membagikaj 777 handsanitiser dan masker. Jumlah bendera ini disamakan dengan HUT RI yang ke 77.

“Kami sengaja membagikan alat prokes. Untuk kembi meninngkatkan kembali disiplin prokes. Karena pandemi Covid-19 belum kunjung selesai,” ucapnya, Rabu (17/8/2022). 

Menurutnya, pembagian bendera ini sebagai bentuk membangkitkan jiwa nasionalisme siswa, guru, dan masyarakat. 

“Lokasinya memang dipilih disini karena selain dekat juga disini banyak orang beraktivitas,” ujarnya.

“Alhamdulillah pebagian bendera merah putih ini disambut antusias masyarakat dan para pedagang di Pasar,” tambahnya memungkasi. (faiz/aam)