Jumat, 27/05/2022 | 21:48 WIB
Gresik Satu

Tekan Kecelakaan, Satlantas Gresik Rajin Razia Truk Bermuatan Lebih

Petugas menilang truk bermuatan lebih / foto : sah

GresikSatu | Satlantas Gresik, kini mulai rajin patroli yang menyasar truk berukuran dan bermuatan di luar batas. Tujuannya tak lain, menekan angka kecelakaan.

Kasat Lantas Polres Gresik AKP Engkos Sarkosi mengatakan, truk bermuatan di luar batas masih banyak ditemukan. Utamanya di kawasan industri dan jalur padat lalu lintas.

Misalnya di kawasan simpang tiga exit tol Manyar, simpang tiga terminal Bunder Kecamatan Cerme, serta kawasan jalan Dr Wahidin Sudirohusodo Kecamatan Kebomas.

“Itensitas patroli tersebut dilakukan untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Gresik,” kata Engkos, Jum’at (28/1/2022).

Baca Juga : Kecelakaan Maut di Gresik, Sopir Truk Kabur Usai Lindas Pasutri

Setidaknya, dalam sepekan terakhir, ada sebanyak 16 surat tilang, sudah dilayangkan kepada para pengemudi truk. Kendaraan mereka melebihi ukuran dan muatan.

“Tentunya juga membahayakan pengendara lain,” paparnya.

Sedangkan, dalam sepekan terakhir, pihaknya juga mencatat, terdapat 27 kejadian kecelakaan lalu lintas. Dengan total kerugian meterial mencapai Rp 30 juta.

“Kecelakaan yang terjadi mayoritas disebabkan akibat kelalaian pengemudi. Termasuk kondisi pengemudi yang mengantuk atau mengalami kelelahan,” pungkasnya **