Minggu, 29/05/2022 | 07:06 WIB
Gresik Satu

Telan Anggaran 10 Miliar, Gedung Uji Kir Dishub Gresik Akhirnya Diresmikan

Gedung uji kir Dishub Gresik resmi beroperasi / foto : humas pemkab

GresikSatu | Gedung UPT Pengujian Kendaraan Bermotor yang berlokasi di Desa Cerme Lor, Kecamatan Cerme, akhirnya diresmikan, Senin (24/1/2022). Pembangunan yang diwacanakan sejak 13 tahun lalu itu, menelan anggaran 10 miliar.

Diketahui, gedung UPT Pengujian Kendaraan Bermotor milik Dishub Gresik itu, memiliki tanah seluas 20.369 meter². Yang mana terdiri dari gedung utama dan kantor seluas 1.445 meter². Sedangkan Musholla dan kantin termasuk Koperasi Dinas Perhubungan seluas 105 meter².

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengatakan, anggaran pembangunan bersumber dari Kabupaten Gresik dan bantuan hibah Provinsi Jawa Timur berupa sarana alat pengujian. Yani berharap, adanya gedung uji KIR juga ikut menyumbang PAD, selain ada kemanfaatan lan.

“Ada dua hal yang perlu diperhatikan, yang pertama adalah di sisi pelayanan dan yang kedua adalah bagaimana peningkatan PAD kita bisa tercapai,” ujar Bupati Yani,” katanya.

Baca Juga : Heboh, Ular Masuk Stadion Gejos Buyarkan Permainan Sepak Bola

Dalam sisi pelayanan, Bupati Yani mengharapkan adanya perubahan yang lebih baik dari uji KIR yang lama menjadi yang baru. Pelayanan lambat, sulit, dan ribet harus dicoret lewat kinerja yang baik.

“Jangan sampai uji KIR di Kabupaten Gresik dikenal masyarakat kinerjanya lambat, lama dan sulit. Harus ada perubahan bagaimana caranya pelayanan uji KIR menjadi lebih mudah, cepat, dan transparan,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Dinas Perhubungan Kabupaten Gresik Edy Hadisiswoyo mengatakan adanya Gedung UPT Pengujian Kendaraan Bermotor ini pelayanan terhadap masyarakat terkait uji KIR kendaraan.

“Juga sebagai sarana dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD),” terangnya. **