Jumat, 27/05/2022 | 14:40 WIB
Gresik Satu

Tentang Kami

GresikSatu

GresikSatu adalah portal berita yang menyajikan informasi terhangat baik peristiwa politik, bisnis, hukum, sepakbola, yang ada di Gresik. Tidak muluk-muluk targetnya. Kami ingin semua pembaca mendapat informasi tentang Gresik setiap hari.

Pertama kali mengudara tepat pada tanggal 1 Desember 2021. Meski masih baru, cikal bakal berdirinya portal sebenarnya sejak 2018 lalu. Seiring waktu realisasi portal benar-benar diwujudkan.

Terwujudnya portal GresiSatu bermula, saat bertemu dengan dua orang teman pada 21 Nopember 2021 lalu. Cerita dan bercerita. Diselingi ngudut serta nyeruput kopi. Diantaranya; ada menu kopi cangkir tanpa gula. Tentu pahit banget rasanya.

Di antara rasa pahit itu, ada cerita tentang portal GresikSatu. Tidak banyak kata. Tidak ada penawaran harga. Dan juga, tidak ada nota. Yang ada saling paham. Saling mengerti. Dan, saling mengumbar mimpi. Mimpi tentang GresikSatu.

Portal GresikSatu berkomitmen mengabarkan informasi paling gres. Menjadi petunjuk pembaca yang mencari informasi tentang Gresik. Saluran informasi semua kelompok masyarakat Gresik yang heterogen. Karena GresikSatu portal yang terbuka.

Lokal iya. Tapi GresikSatu bukan melokal. Karena GresikSatu didesain menginformasikan Gresik untuk Jawa Timur dan Indonesia. Sebab, dari Gresik tumbuhnya peradaban pluralisme. Simbul Islamisasi ada di makam Wali Songo. Klenteng Kim Hin kiong di tengah Kampung Arab Pulopancian. Hindu tergambar di Pura Penataan Luhur Medang di Desa Mondoluku.

Tidak cukup itu, industrialisasi juga sudah terjadi di Gresik sejak dulu. Lewat Pelabuhan Gresik era Syahbandar Nyai Ageng Pinatih, Gresik menjadi pintu masuk perdagangan Indonesia Timur. Hingga wajar saat ini industri di Gresik tumbuh signifikan. Data Gresik dalam Angka, ada 1.600 perusahaan besar dan kecil.

Bahkan, emansipasi wanita di Gresik sudah dikenal jauh sebelum terbitnya buku RA Kartini, ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’. Saat itu, 1458 M, Nyai Ageng Pinatih yang menjadi pedagang perempuan sukses, diangkat Syahbandar Pelabuhan Gresik oleh Kerajaan Majapahit.

Dan, terakhir kami minta doa portal GresikSatu mampu istikomah menemani pembaca semua. Amin!