21.4 C
Indonesia
Rab, 30 November 2022
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Rabu, 30 November 2022 | 4:35:50 WIB

Tiket Kapal Express Bahari Mulai Naik, Warga Bawean Keluhkan Tak Ada Subsidi dari Pemerintah 

GresikSatu | Tiket kapal cepat Express Bahari yang melayani penyeberangan Gresik – Bawean, Bawean – Gresik resmi naik per hari ini, Sabtu (1/10/2022). Kenaikan ini dipicu dari kenaikan BBM yang hampir satu bulan ini.

Terbaru harga tiket dua kapal Express Bahari 8E dan 6F naik menjadi Rp 200 ribu ditambah biaya pas pelabuhan, untuk kelas VIP Rp 250 ribu sekalian biaya pas pelabuhan. Artinya pihak perusahaan dua kapal tersebut mematok harga untuk kelas eksekutif Rp 192 ribu, dan kelas VIP Rp 242 ribu.

Dengan demikian, prosentase kenaikan tiket kapal cepat naik 37 persen dari harga normal atau lebih 5 persen dari kenaikan solar subsidi yang menjadi bahan bakar dua kapal tersebut. 

Atas kenaikan tersebut, pemerintah menjanjikan subsidi Rp 25 ribu untuk penumpang kapal kelas eksekutif. Sehingga masyarakat yang akan menyeberang ke Bawean atau ke Gresik, cukup membayar Rp 167 ribu saat ada kenaikan per  tanggal 1 Oktober ini.

Namun, sayangnya subsidi tersebut belum bisa dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Gresik. Hal tersebut pun dijeluhkan warga Bawean yang hendak belayar ke Gresik maupun ke Bawean. Bahkan tidak sedikit warga keberatan atas penerapan harga kenaikan yang baru ini.

“Sangat mahal sekali, ini mau pulang ke Bawean sama anak bayar tiket Rp 400 ribu untuk dua orang,” keluh salah satu penumpang Awik.

[penci_related_posts dis_pview=”no” dis_pdate=”no” title=”Baca Juga ” background=”” border=”” thumbright=”no” number=”1″ style=”list” align=”none” withids=”” displayby=”tag” orderby=”date”]

Hal yang sama juga dirasakan oleh warga Bawean Abdul Hamid. Dirinya pun menagih janji pemerintah tentang Subsidi. Pasalnya, harga kenaikan tersebut sudah diberlakukan. Dirinya merasa keberatan karena harga yang diapatok dari perusahaan kapal dianggap terlalu mahal.

Baca juga:  Ini Tampang Pesilat Pelaku Penganiayaan Pedagang Nanas di Driyorejo Gresik 

“Mana janji subsidi Bupati, jangan menambah beban masyarakat Bawean. Harga bahan pokok disana mahal, ditambah dengan harga tiket juga mahal,” ungkapnya. 

Menurut dia, kalau memang Pemerintah memberikan subsidi sejak harga tiket naik, harusnya hari ini subsidi diberikan. Tanpa subisidi, mereka (penumpang) hanya bisa pasrah. Karena tidak ada armada lagi selain kapal Express Bahari. 

Subsidi Tiket Tunggu Evaluasi Gubernur Jatim

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perhubungan Gresik Tarso Sagito mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak operator kapal. Untuk menurunkan harga atau kembali ke harga yang sebelumnya, sebelum subsidi diberlakukan.

“Jika pihak kapal masih bandel tidak mematuhi kebijakan pemerintah dan tetap menaikkan harga tiket tersebut, kami tidak segan mencabut salah satu izin operasional kapal tersebut,” ungkapnya. 

Menurut dia, pihaknya sudah melakukan koordinasi dan komunikasi untuk tidak menaikkan harga tiket kapal, sebelum subsidi bisa dilakukan. Tapi pihak operator dua kapal tersebut masih tetap saja melakukan penyesuaian kenaikan harga tiket.

“Saat ini kami masih menunggu evaluasi dari Gubernur untuk pengesahan penggunaan anggaran Subsidi dari PAPBD 2022 tersebut. Anggaran sudah ada sekitar Rp 400 juta. Subsidi sampai bulan Desember nanti,” bebernya. 

“Jangan ada monopoli bisnis, yang nantinya membuat masyarakat resah dengan kenaikan tiket kapal,” tegasnya. (faiz/aam)

Komentar

Berita Terpopuler

Penetapan UMK Gresik 2023, Buruh Tuntut Kenaikan Gaji Sebesar Rp 4,9 Juta

GresikSatu | Penetapan Upah Minimum Kabupaten (UMK) 2023 di Gresik sepertinya akan berjalan alot. Antara pengusaha, buruh dan pemerintah belum menemukan titik terang. Untuk...

DPMPTSP Jatim Gencarkan Roadshow Pelayanan Perizinan Gratis di Gresik

GresikSatu | Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan DPMPTSP Gresik menggelar roadshow pelayanan perizinan gratis...

Polsek Driyorejo Bekuk Pelaku Curanmor, Sepeda Motor Langsung Dikembalikan ke Pemiliknya 

GresikSatu | Jajaran Unit Reskrim Polsek Driyorejo membekuk pelaku kasus pencurian sepeda motor di Desa Krikilan, Kecamatan Driyorejo, Gresik. Pelaku diketahui bernama Ikbal S...

Baru Menikah Satu Bulan, Pasutri di Gresik Terlibat Kecelakaan, Suami Meninggal, Istri Luka-luka 

GresikSatu | Nasib nahas dialami pasangan suami istri (pasutri) Budi Masangga Setiawan (23) dan Izzatul Muhida (24). Pasangan muda, yang baru saja menjalin rumah...

Korban Sodomi di Gresik Alami Gejala Sering Meludah, Gara-gara Trauma Mengulum Alat Vital Pelaku

GresikSatu | Nasib korban sodomi di Kabupaten Gresik terus menjadi perhatian. Bocah AR yang menjadi korban masih mengalami trauma, bahkan saat ini, korban masih...

Enak-enak Tidur Nyenyak, Rumah Warga Driyorejo Gresik Dilahap Api

GresikSatu | Sebuah rumah di Desa Mojosarirejo, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik dilahap api. Rumah milik Subandi ini tersisa pondasi tembok, kayu penyangga serta atap...
Berita terbaru
Berita Terkait