Senin, 03/10/2022 | 15:56 WIB
Gresik Satu
Nasional

Tinggalkan Cara Tradisional, Jokowi Bagikan Ratusan Alsintan ke Petani Gresik

Gresiksatu.com
Presiden Indonesia Joko Widodo saat melihat alsintan dalam program taxi alsintan di kawasan Waduk Sukodono, Kecamatan Panceng, Gresik (Foto : Faiz /Gresiksatu.com)

GresikSatu | Selain meresmikan pencanangan Food Estate di kawasan Waduk Sukodono, Kecamatan Panceng Gresik. Presiden Indonesia Joko Widodo turut memberikan   bantuan ratusan alat mesin pertanian (Alsintan).

Jokowi berharap melalui bantuan alsintan ini mengajak para petani untuk meninggalkan pola tradisional ke pola modern. “Saya harapkan pemberian dari Menteri Pertanian alsintan ini, para petani sudah tidak menggunakan pola pertanian lama,” ucapnya.

Untuk mengantisipasi mesin yang rusak lalu tidak dipakai oleh petani ujar Jokowi. Pihaknya bersama Menteri Pertanian sudah memiliki  program taxi alsintan. Melalui sistem perbankan.

“Nantinya para petani-petani bisa menyewa alsintan dari program taxi alsintan ini. Para petani di tingkat Kabupaten atau Provinsi bisa diberikan akses perbankan (feasible). Untuk membeli alsintan pada program taxi alsintan ini,” ujar mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

“Mengingat  tenaga kerja bidang pertanian justru kekurangan. Sebagai penggantinya alat alsintan ini,” tambahnya memungkasi.

Diketahui, kepemilikannya Alsintan ini melalui skim kredit perbankan dengan dukungan pemanfaatan teknologi informasi untuk penguatan usaha/bisnis kelembagaan pengelola alsintan. Unit usaha taxi alsintan meliputi, jasa sewa alsintan (jasa olah tanah, jasa tanam, jasa panen) Jasa Service dan bengkel, penyediaan sparepart dan suku cadang.

Total alsintan yang ada di lokasi acara berjumlah 300 unit yang terdiri dari combine harvester 70 unit, traktor roda empat 80 unit, cultivator 100 unit, sqn pompa air 50 unit.

Turut hadir mendampingi Presiden, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jatim  Irjen Pol Nico Afinta, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, beserta jajaran Forkopimda Jatim dan Gresik. (faiz/aam)