Sabtu, 26/11/2022 | 20:35 WIB
Gresik Satu
Berita Gres

Tinggalkan Gresik, Joko Kendil Naik Bus Trans Jatim, Macan Putihnya Kemana?

Gresiksatu.com
Joko Kendil mengenakan topi dan bersurban di Bus Trans Jatim (Foto : Maman for Gresiksatu.com)

GresikSatu | Video pengelana Joko Kendil naik Bus Trans Jatim viral di media sosial. Tampak dalam video tersebut, seorang berbaju hitam menggenakan sarung biru, bersorban dan bertopi duduk di tengah penumpang.

Para penumpang semula tak menyadari, jika pria bertopi itu merupakan pengelana viral. Sampai kemudian seorang mengenalinya lalu mengabadikan dalam video.

Dari informasi yang himpun, Joko Kendil menaiki bus Trans Jatim dari Gresik menuju terminal Bungurasih Surabaya. Joko Kendil diketahui selama singgah di Kabupaten Gresik berziarah di makam-makam para wali.

Aksi Joko Kendil naik Bus Trans Jatim pun akhirnya banyak menyita perhatian. Pasalnya, laki-laki yang mempunyai nama asli M Khusnan merupakan pengelana pejalan kaki dari makam ke makam wali di Pulau Jawa. Dirinya disebut kuat jalan kaki karena menaiki macan putih.

Pengawas Perjalanan Angkutan Abdurrahman mengatakan, Joko Kendil dengan mengenakan topi dan sarung itu naik Bus layaknya penumpang. Bahkan Joko Kendil pun membayar tarif angkutan bus tersebut. 

“Awalnya tidak pakai masker, terus di peringati petugas Pramugari Trans Jatim. Akhirnya buff yang ia bawa dibuat masker,” ucapnya, Kamis (03/11/2022).

Setelah sampai di Terminal Bungurasih, Maman sapaan akrabnya membuntuti Joko Kendil sampai turun dari Bus. Tak banyak dibicarakan Joko Kendil, langsung beranjak pergi dengan tongkat yang dibawa, dan menjauh dari kerumunan tanpa alas kaki. 

“Diajak ngomong tidak mau, dan bergegas pergi begitu saja,” imbuhnya. 

Sebelumnya, sosok Joko Kendil pengelana yang viral di media sosial, tiba di Kota Santri Gresik. Pria yang punya nama asli M Khusnan itu berziarah ke beberapa makam wali di Gresik. 

Diketahui Joko Kendil mengenakan udeng, berpakaian warna hitam, sorban warna hijau dan tongkat, tiba di makam Sunan Giri Gresik Selasa malam, (01/11/2022).

Masyarakat sekitar langsung menyerbu mendekat, ada yang memberikan makanan, dan berswafoto bersama Joko Kendil. Besoknya, Joko Kendil bermalam di Makam Maulana Malik Ibrahim, Rabu malam (02/11/2022). (faiz/aam)

Baznas Gresik