Minggu, 29/05/2022 | 07:12 WIB
Gresik Satu

Tips Mencari Jajanan Takjil yang Sehat Ala Dinkes Gresik

Kiliner bongko kopyor khas Gresik laris manis di bulan ramadhan. (Gresiksatu.com)

GresikSatu | Jajanan takjil di bulan Ramadan biasanya banyak diburu masyarakat. Hal ini karena takjil sebagai makanan pembuka sebelum menikmati hidangan besar. Seperti nasi maupun lainnya.

Namun perlu diketahui, jajanan takjil tidak semuanya higinis. Ada juga yang sampai kedarluarsa hingga malah menimbulkan penyakit bagi yang memakannya. Agar terhindar dari itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Gresik memberi tips mencari jajanan takjil sehat dan aman dikonsumsi.

Kadinkes Pemkab Gresik dr Mukhibatul Khusnah, memberikan tips kepada masyarakat yang hendak membeli makanan atau minuman takjil. Pertama, masyarakat harus melihat corak warnanya yang mencolok.

“Karena besar kemungkinan banyak minuman yang mengandung bahan kimia, sedangkan makanan bahan lunaknya sangat kenyal,” jelasnya.

Baca Juga : Antisipasi Bahan Kimia Berbahaya, Dinkes Gresik Uji Sampel Takjil 

Namun dari tips itu, tentu perlu pemeriksaan lebih lanjut melalui uji sampel. Karena jika ada unsur zat kimia yang berbahaya termasuk karsinogen. Artinya mengandung karsinogenic. Bisa menumbuhkan kanker pada tubuh kita, dan menganggu gangguan ginjal

12 takjil itu diantaranya, Cimol, Es Blewah, Es Buah Campur, Saos Pentol Gulung, Pentol Gulung, Arum Manis, Pentol Bakar, Hoki Pentol, Peyek, Es Cao, Tahu Hoki, dan Saos Pentol Hoki. (faiz/sah)