Selasa, 04/10/2022 | 12:58 WIB
Gresik Satu
Pemerintahan

Tujuh Ruas Jalan di Gresik Bakal Disulap Jadi Wisata Haritage

Tampak hiasan khas Tionghoa di kawasan kampung pacinan Klenteng Kim Hin Kiong / foto : sah

GresikSatu | Perwajahan kota Gresik dalam setahun kedepan bakal berubah total. Utamanya di tujuh ruas jalan dalam kawasan wisata haritage.

Tujuh ruas jalan itu. Diantaranya, Jalan Malik Ibrahim, Jalan Kramatlango, Jalan Agus Salim, Jalan KH Zubair, Jalan Basuki Rahmat, Jalan AKS Tubun dan Jalan Setia Budi.

Diharapkan, dengan penataan kembali kawasan kota menjadi wisata haritage. Wajah Kota Santri ini semakin banyak dinikmati wisatawan. 

Kepala Dinas Cipta Karya Perumahan dan Kawasan Permukiman Gresik Ida Lailatus Sa’diyah mengatakan, penataan kota wisata haritage ditargetkan selesai tahun ini.

Baca Juga : Mbois! Ini Tampilan Baru Kampung Pecinan Gresik

“Dengan beberapa tahapan yang akan dimulai dari bulan Februari ini,” kata Ida, saat jumpa pers di salah satu caffe di Gresik Jum’at (28/1/2022).

Sedangkan anggaran untuk pembiayaan penataan kota, kata Ida, akan diambilkan dari APBN tahun 2021 – 2022.

Selain menata ruas jalan, pihaknya juga akan menata kawasan tematik. Meliputi, kampung pecinan, kampung kolonial di Keluarahan Bedilan dan Kampung Pribumi di Kelurahan Pekelingan.

Baca Juga : Empat Orang yang Terinfeksi Omicron, Ternyata Karyawan Pabrik JebeKoko

“Anggaranya akan diambilkan dari dana APBD tahun 2022,” jelasnya.

“Ini merupakan wisata haritage dari beberapa etnis di Kabupaten Gresik, sekaligus penataan promosi Gresik Kota Bandar yang sudah ada sejak abad 17,” jelasnya. **