Senin, 03/10/2022 | 15:34 WIB
Gresik Satu
Berita Gres Pemerintahan

Tutup Kunker di Bawean, Wabup Ingatkan Keamanan dan Keselamatan Transportasi Laut

img 20220921 wa0018
Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah secara simbolis memakaikan life jacket kepada penumpang di pelabuhan Bawean. / (Foto: Humas Pemkab)

GresikSatu I Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) kelas III Bawean, melaksanakan kegiatan sosialisasi keselamatan pelayaran dalam rangka Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2022.

Kegiatan digelar di halaman terminal pelabuhan Bawean tersebut, ditandai dengan peragaan tata cara penggunaan life jacket, dilanjutkan dengan pemberian life jacket secara simbolis kepada operator kapal tradisional Bawean oleh Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, sekaligus penutup rangkaian kunjungan kerja wabup di Bawean.

Wabup yang akrab disapa Bu Min ini mengatakan, kegiatan sosialisasi keselamatan pelayaran yang saat ini dilakukan, adalah suatu bentuk perwujudan, upaya pemerintah untuk menyadarkan kembali seluruh lapisan masyarakat khususnya pengguna jasa transportasi laut.

“Keselamatan dan keamanan pelayaran merupakan kebutuhan mutlak dan tanggung jawab bersama,” ungkap wabup, Kamis (22/9/2022).

Menurut Bu Min, untuk mewujudkan transportasi laut yang aman dan selamat, tentu saja kita bersama harus menempatkan keselamatan dan keamanan pelayaran, sebagai budaya bagi para pengguna transportasi laut.

“Dengan menjadikan budaya, segala upaya penanganan keselamatan pelayaran yang selama ini dilakukan, diharapkan bukan hanya dalam bentuk penanganan musibah yang bersifat responsif saja, tetapi juga dilakukan tindakan – tindakan pencegahan yang bersifat preventif,” himbau Wabup.

Ia berpesan kepada seluruh pemangku kepentingan di pelabuhan Bawean, untuk terus memberikan pelayanan terbaik dan melakukan pengawasan, bagi pemenuhan persyaratan keselamatan pelayaran terhadap kapal – kapal yang beroperasi di wilayah kerja pelabuhan Bawean.

“Dengan keselamatan pelayaran yang terjamin, diharapkan akan memberikan nilai tambah bagi pariwisata di Pulau Bawean,” ujar Bu Min.

Hadir dalam kegiatan, Kepala KUPP kelas III Bawean Azwar Anas, Kepala UPT KPLP kelas III Bawean Muhammad Hanafiah, Forkopimcam Sangkapura, Perwakilan Operator Kapal Tradisional Bawean dan undangan lainnya. (Tov)