Jumat, 27/05/2022 | 00:45 WIB
Gresik Satu

Utamakan Keselamatan, Polres Gresik Gencar Sosialisasi Truk ODOL

Anggota Polres Gresik sedang melakukan sosialisasi truk ODOL, Kamis (17/2/2022)./ Foto: TBK
Anggota Polres Gresik sedang melakukan sosialisasi truk ODOL, Kamis (17/2/2022)./ Foto: TBK

GresikSatu I Satlantas Polres Gresik melakukan sosialisasi dalam rangka pelarangan truk dengan kategori over dimension over load (ODOL) atau bermuatan melebihi kapasitas.

Dipimpin Kanit Kamsel Iptu Yani mengunjungi pool truk di jalan Deandles Gresik melakukan Sosialisasi dengan tujuan menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

“Selain sosialisasi, kami juga melakukan pembagian masker terhadap sopir yang tidak mengunakan masker, Kamis (17/2/2022).

Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis mengimbau seluruh pengusaha angkutan truk besar hingga sopir kendaraan besar agar tidak menggunakan truk dengan muatan berlebih.

Menurut Akpol Lulusan 2002, truk ODOL merupakan salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas yang dapat membahayakan pengendara lain, dan menimbulkan kerusakan jalan.

“Truk ODOL ini melanggar Pasal 277 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Jadi diharapkan ini dipatuhi para sopir dan juga pengusaha angkutan,” jelasnya.

Kasat Lantas Polres Gresik AKP Engkos Sarkosi memastikan akan terus menggencarkan sosialisasi dan imbauan soal larangan truk ODOL di jalan raya.

“Razia truk ODOL pun terus dilakukan Satlantas Polres Gresik di beberapa titik jalan raya yang sering dilalui truk,” ujar Engkos.**