Minggu, 25/09/2022 | 17:59 WIB
Gresik Satu
Berita Gres

Vakum Hampir 8 Tahun, KNPI Gresik Akhirnya Gelar Pelantikan 

Gresiksatu.com
Ketua DPD KNPI Gresik Muhammad Dahlan saat memegang bendera sebagai simbolis kepengurusan. (Foto : Faiz/gresiksatu.com)

GresikSatu | Setelah vakum selama hampir 8 tahun organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Gresik akhirnya gelar pelantikan  di salah satu hotel Gresik, Sabtu (20/8/2022). Pergelaran kegiatan tersebut setelah dilakukan Musda bulan April 2022 lalu. Dengan terpilihnya Muhammad Dahlan secara aklamasi  memimpin  KNPI Gresik periode 2022-2025.

Turut hadir Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Ketua Majelis Pemuda Indonesia DPD KNPI Gresik A M Reza Pahlevi,  Sekretaris DPD KNPI Provinsi Jatim Ahmad Nur Aminudin, Ketua KNPI Gresik Muhammad dahlan beserta jajaran pengurus KNPI Gresik dan OKP lainnya. Kegiatan tersebut bertajuk ” Peran Pemuda Dalam Pembangunan Daerah”.

Ketua DPD KNPI Gresik Muhammad Dahlan mengtakan, KNPI Gresik dinyatakan resmi dilantik. Hal ini tak lepas dari sinergitas antar OKP di Gresik. Ada Ansor, PMII, HMI, GMNI, PP dan lainnya.

“Kami hormat setinggi-tingginya ke masing-masing ketua OKP, karena saling sinergi  KNPI bisa muncul kembali di Gresik,” ucapnya, Sabtu (20/8/2022).

Dahlan menegaskan, peran pemuda dalam pembangunan yakni turut serta dan pro aktif dalam pembangunan sebuah daerah. Pemuda wajib berkontribusi di level manapun untuk berperan aktif. Mulai tingkat desa hingga Kabupaten.

“Pemerintah wajib memfasilitasi agenda-agenda kepemudaan. Nantinya dari agenda tersebut ada  titik temu bersinergi dalam pembangunan daerah,” paparnya.

“Kita tidak bisa melakukan apapun untuk mengisi pembangunan daerah, kalau ternyata di satu kawasan pemerintah tidak memfasilitasi pemuda,” tambahnya.

Mantan aktivis PMII Gresik itu berharap seluruh pemuda di Gresik,  sudah terkonsolidasi dengan baik bersama pemerintah. Agar  eksistensi peran pemuda dapat terfasilitasi dengan baik dan benar.

“Saya  terlalu berharap tinggi,  pemerintah harus memfasilitasi penuh ke pemuda. Termasuk pemuda dapat mengisi ke banyak sektor di masyarakat,” harapnya.

Hal senada juga disampaikan Sekretaris DPD KNPI Jatim M Nur Aminuddin. Pihaknya menekankan bahwa kesatuan pemuda sangat penting, karena ini bagian dari miniatur bangsa. Dengan slogan Kemerdekaan RI ke-77  pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat. Semoga bisa terlaksana oleh Pemuda di Gresik.

“Manuk Glatik Cucuk e Abang, Mari Dilantik Harus Sama-sama Berjuang,” ucapnya sambil berpantun.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengatakan, para pengurus DPD KOPI yang sudah dilantik diharapkan bisa mengambang amanah. Karena  KNPI punya sejarah panjang.  Di tahun 1973 KNPI banyak melahirkan tokoh-tokoh pemuda yang  punya karakter kuat.

“Tantangan kita kedepan bisa menghadapi pemulihan lapisan masyarakat pasca  dampak pandemi Covid-19. KNPI Gresik, mempunyai tugas  bisa mewujudkan kerukunan dan kondusifitas di daerah,” jelas Gus Yani. (faiz/aam)