Minggu, 29/05/2022 | 06:32 WIB
Gresik Satu

Wabah PMK Tak Pengaruhi Penjualan Daging di Gresik, Pedagang : Masih Normal dan Aman

Teks foto : Penjual daging sapi di Pasar Baru Gresik (Faiz /gresiksatu.com)

GresikSatu | Imbas meluasnya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Gresik, ternyata tak mempengaruhi penjualan daging di Pasar Gresik.

Di Pasar Baru Gresik (PBG), misalnya, aktivitas perdagangan daging berjalan seperti biasa. Tidak ada penurunan pembeli dan harga masih relatif standar. Per kilonya daging sapi Rp 110 ribu. 

Bahkan, para pedagang tetap menyetok penjualan daging seperti biasanya. Salah satu penjual daging sapi Kamisih (48) menyebut, wabah PMK tidak berimbas kepada para penjulajan di pasar.

Apalagi, barang daging di Pasar Baru Gresik memang berasal dari Rumah Potong Hewan (RPH) di Kecamatan Gresik. Dipastikan, RPH milik pemerintah itu aman dari wabah PMK.

Baca Juga : Menteri Pertanian Sebut Wabah PMK Tak Melunar ke Manusia

“Setiap hari mengambil daging dari RPH. Tidak ada penurunan biasanya menjual sekitar 25 Kg. Juga ada sebagian pedagang menjual 5 sampai 10 ekor daging sapi di pasar,” ucapnya, Rabu (11/5/2022). 

Menurutnya, para pembeli pun juga demikian, tidak ada yang was-was atau bertanya aneh-aneh terhadap pedagang soal PMK. “Ya senang saja karena tidak berpengaruh terhadap pasar,” ujarnya. (faiz/aam)