Minggu, 29/05/2022 | 07:03 WIB
Gresik Satu

Wakil Bupati Gresik Dorong Apindo Kerjasama Ketersediaan Lapangan Kerja bagi SMK

Wakil Bupati (Wabup) Gresik, Aminatun Habibah saat menghadiri acara Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK se-Kabupaten Gresik , Jumat (22/4/2022)./ (tbk/gresiksatu.com)

GresikSatu I Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK se-Kabupaten Gresik menyatakan kesiapannya untuk mensukseskan program unggulan diusung oleh Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Kabupaten Gresik dibawah pimpinan Alfan Wahyudi yang baru dilantik pada 1 April 2022 yang lalu.

Hal ini terungkap dalam acara MKKS SMK Kabupaten Gresik buka bersama Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah yang digelar di Yayasan Pendidikan Islam/YPI Darussalam Desa Cerme Lor Kecamatan Cerme, Jum’at (22/4/22).

Wakil Bupati (Wabup) Gresik, Aminatun Habibah menyatakan harus ada sinergitas dan kerjasama antara SMK dengan Apindo, Melalui Apindo para lulusan SMK mampu berpartisipasi dan bersaing pada perusahaan melalui skill ataupun kompetensi yang dimiliki sesuai yang diinginkan perusahaan.

Wabup yang akrab disapa Bu Min juga menekankan perlunya menciptakan Sumber Daya Manusia yang unggul dan berkompeten melaui mutu dan kualitas. SMK dalam hal ini diminta mampu menyiapkan berbagai program untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Baca Juga: Komunitas Gresker Gresik Buka Puasa Bersama 35 Anak Yatim di Benjeng

“Perusahaan harus sudah siap membina dan menerima lulusan sesuai tenaga yang dibutuhkan atau disesuaikan dengan jurusan-jurusan, Kita tidak mungkin menghasilkan lulusan yang hanya bermodalkan Ijazah dengan kemampuan yang tidak sesuai,” ujar Wabup Bu Min.

Untuk itu Wabup Bu Min mendorong Apindo untuk segera membuat Perjanjian Kerjasama (PKS) dan nota kesepakatan MoU antara Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Gresik dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK yang melibatkan 40 industri dan 60 SMK Se Kabupaten Gresik.

“Dengan PKS ini diharapkan perusahaan bisa memanfaatkan lulusan SMK dengan berimbas pada ketersediaan lapangan kerja dan pendapatan masyarakat,” ucapnya.

Mewakili Apindo Alfan Wahyudi, mengungkapkan Kabupaten Gresik mempunyai pemimpin yang sangat luar biasa yang sangat peduli akan pendidikan, pria yang dilantik pada 1 April 2022 tersebut merumuskan kerja Apindo kedepan salah satunya targetnya membuat MoU bersama SMK dan program unggulann lainnya adalah pelatihan dan sertifikasi.

“Dari MoU nanti ada program pelatihan dan magang, selain itu kami akan mendorong perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten yang tergabung bersama Apindo untuk menerima lulusan yang berpola dengan budaya disiplin, Komitmen, dan budaya konsistensi. Untuk itu segera kita agendakan nota kesepakatan MoU antara MKKS SMK bersama Apindo pada bulan Mei mendatang,” katanya.**