Minggu, 25/09/2022 | 17:57 WIB
Gresik Satu
Berita Gres Pemerintahan

Wamen ATR/Waka BPN Dukung PTL, Menuju Gresik kabupaten Lengkap

raja juliantoni dan bupati gresik
Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang / Waka BPN Raja Juliantoni di dampingi Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat berkunjung ke kantor BPN Gresik, Jumat (9/9/2022)./ (Foto:Humas Pemkab)

GresikSatu I Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang / Waka BPN Raja Juliantoni menyambut baik BPN Gresik dalam pelaksanaan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Hal ini merupakan salah satu upaya menuju Gresik Kabupaten Lengkap terkait dengan pendataan, pemetaan dan sertifikat tanah secara sistematis.

Raja Juliantoni menyebutkan, bahwa apa yang dilakukan oleh BPN Gresik adalah sebuah terobosan satu-satunya di Indonesia. Sebab, belum ada daerah lain yang mempunyai program serupa. Hal ini disampaikan oleh Wamen ATR / Wakil Kepala BPN Raja Julianto saat melakukan kunjungan di Kantor BPN Gresik siang ini, Jumat (09/09/2022).

Dalam kunjungannya kali ini, Wamen ATR disambut langsung oleh Kepala BPN Kabupaten Gresik Asep Heri bersama Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani serta sejumlah jajaran Forkopimda Kabupaten Gresik.

Raja Julianto juga mengatakan, PTSL ini mempunyai manfaat yang luar biasa bagi masyarakat, terutama terhadap masyarakat dengan kondisi ekonomi yang dibawah rata-rata.

“Ketika masyarakat memperoleh pelayanan melalui PTSL ini, maka tanah yang belum bersertifikat dapat segera mempunyai legalitas dan kepastian hukum. Sebab, tanah adalah aset yang berharga bagi mereka, terutama masyarakat yang kondisi ekonomi dibawah rata-rata. Berarti aset yang mereka miliki kedepan mempunyai nilai tambah dan mempunyai kepastian hukum yang jelas,” kata Wamen ATR.

Senada dengan Wamen ATR, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menyampaikan dukungan dan apresiasi selaku pemerintah daerah atas program yang dicanangkan oleh BPN Gresik. Menurutnya, masyarakat akan sangat terbantu dengan adanya program tersebut.

“PTSL adalah salah satu upaya pemulihan ekonomi, terutama bagi masyarakat yang kurang beruntung. Ini akan menjadi satu stimulus bagi masyarakat, sebab aset tanah yang dimiliki mempunyai nilai tambah,” katanya.

Ditambahkan bupati, melalui Gresik Lengkap ini nantinya akan memudahkan pemerintah daerah dalam menentukan arah dan perencanaan pembangunan jangka panjang.

“Kami dijajaran pemerintah daerah juga merasa terbantu dengan kelengkapan data yang ada. Kedepan akan menjadi acuan dalam menentukan arah dan rencana pembangunan jangka panjang yang dilakukan oleh pemerintah daerah,” tambah Gus Yani sapaan akrab Bupati Gresik. (Tov)