Sabtu, 20/08/2022 | 11:53 WIB
Gresik Satu
Berita Gres Lifestyle

Warga Perumahan GTA Gresik Pasang Ratusan Damar Kurung di Pekarangan Rumah

gresiksatu.com
Ratusan Damar Kurung terpasang menghiasi kampung menyemarakan HUT RI ke-77 (Foto : Faiz /Gresiksatu.com)
 Advertisement

GresikSatu | Ratusan damar kurung menghiasi jalan utama perumahan Griya Taman Asri, Desa Kembangan, Kecamatan Kebomas Gresik. Terlihat lampion

terpasang berjejer di sepanjang jalan dan pekarangan rumah warga. Total ada sekitar 128 damar kurung yang menghiasi suasana kampung.

Pernak-pernik Damar Kurung itu dalam rangka perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-77. Menariknya warga membuat icon khas kebudayaan Gresik ini secara mandiri. Bahkah pembuatan lampion beserta lukisan di dalamnya, juga karya warga perumahan setempat.

Ketua RT 09 GTA Gresik Purnomo mengatakan, pemasangan damar kurung beserta bendera merah putih, dalam rangka menyambut Hut Kemerdekaan RI ke-77. Namun yang menjadi pembeda dari tahun sebelumnya, hiasan kain warna-warni itu kini diganti lampion damar kurung.

“Warga juga melakukan kerja bakti pengecatan paving, serta bersih-bersih lingkungan setiap blok Perumahan,” ucapnya, Rabu (3/8/2022).

Dijelaskan, pemasangan damar kurung ini sebagai budaya khas Gresik dan bentuk menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke-77. Para warga pun kompak mulai dari anak-anak yang mewarnai damar kurung hingga orang tua membuat lampion kotak persegi itu.

“Kami pasang mulai pintu masuk Perumahan hingga Jalan utama perumahan,” jelasnya.

Diharapkan, warga Perumahan GTA Gresik tetap guyub rukun serta kompak untuk melakukan kreativitas untuk memajukan kampung. Meskipun mayoritas warga perkotaan tidak seperti kampung di Desa.

“Damar kurung sejarah Gresik dan kebudayaan yang harus tetap menyala sepanjang zaman,” harap pria yang sudah 8 bulan menjabat ketua RT itu. (faiz/aam)