Sabtu, 20/08/2022 | 13:24 WIB
Gresik Satu
Berita Gres Hukrim

Warkoop Kamtibmas Polsek Kedamean, Cara Polisi Dekatkan dengan Warga

Gresiksatu.com
Kapolsek Kedamean AKP Dante Anam Irawanto saat bersama para Kepala Desa Kedamean. (Foto : Aam/Gresiksatu.com)
 Advertisement

GresikSatu | Banyak cara dilakukan polisi dalam mendekatkan diri masyarakat. Salah satunya dilakukan oleh Polsek Kedamean, Gresik, dengan membuat tempat pelayanan berbasis kenyamanan.

Tempat itu dinamakan Warga Kooperatif Keamanan Ketertiban Masyarakat, atau Warkoop Kamtibmas. Lokasi Warkoop sendiri masih dalam lingkup Polsek, sengaja dikemas ala warung kopi. Hal ini bertujuan, agar warga tak segan untuk datang ke tempat ini.

Kapolsek Kedamean AKP Dante Anam Irawanto mengatakan, penamaan Warkoop Kamtibmas bukan tanpa alasan. Dia menginginkan warga yang hendak berkonsultasi dengan lembagannya, tak sungkan datang langsung ke lokasi.

“Kalau secara filosofinya, warung kopi itu kan tempat ngumpulnya orang-orang. Jadi saya ingin, Warkoop Kamtibmas juga jadi rujukan warga kalau ingin berkonsultasi dengan hukum,” katanya, Jum’at (8/7/2022).

Dijelaskan, selain menjadi tempat diskusi, Warkoop Kamtibmas juga menjadi tempat menunggu pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Izin keramaian dan konsultasi hukum. Apalagi lembaganya yang menjadi pelaksana hukum, sangat mungkin diminta petunjuk oleh warga dan beberapa tokoh masyarakat lain.

“Prinsipnya saya tidak membangun ulang, tapi mempercantik suasana Polsek agar lebih humanis dan nyaman dikunjungi oleh masyarakat. Termasuk memfungsikan tempat yang semula kosong menjadi Warkoop Kamtibmas.

Mantan KRI Satlantas Polres Pamengkasan itu, bertugas di Polsek Kedamean, terhitung mulai baru dua bulan kemarin. Namun sederet inovasi telah ditelurkan sebelum masa kerja 100 hari. Termasuk memperbaiki fasilitas pelayanan dan membangun komunikasi intens dengan Muspika dan tokoh masyarakat lokal. (aam)