Minggu, 25/09/2022 | 18:25 WIB
Gresik Satu
Pendidikan

YPP Qomaruddin dan PT BKMS Jalin Kolaborasi, Bentuknya Apa?

Yayasan Pondok Pesantren (YPP) Qomaruddin dan PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS) jalin kerjasama / Foto : sah

GresikSatu | Yayasan Pondok Pesantren (YPP) Qomaruddin dan PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS) menjalin kolaborasi bersama. Nota kesepahaman itu diteken di Gedung Universitas Qomaruddin, Bungah, Selasa (21/12/2021).

Bentuk kerjasama itu saling tukar antara ketenagakerjaan dan kerohanian. Yakni, PT BKMS selaku Pengembang dan Pengelola Java Integrated Industrial Port and Estate (JIIPE), bisa menerima pelajar untuk mengikuti program praktek kerja industri (magang).

Sedangkan YPP Qomaruddin bisa memberikan pembinaan dan pendidikan kerohanian agama Islam. Kerjasama ini diharapkan bisa saling menguntungkan antara lembaga dan perusahaan. Terutama ikut menyusun kurikulum yang tepat dalam dunia kerja.

Humas PT BKMS, Miftih Haris mengatakan, penandatangan nota kesepahaman ini merupakan kesepakatan awal antara pengelola kawasan, dalam hal ini pihak PT BKMS, dengan pihak YPP Qomaruddin.

“Ketika dunia usaha nanti kalau membutuhkan tenaga kerja, itu sudah disiapkan oleh dunia pendidikan, dalam ini sekitar kawasan di sini, ada Qomaruddin,” katanya.

Baca Juga : Kebangetan, 16 Kambing Bantuan Baznas Gresik Digondol Maling

Sebagai pengelola kawasan JIIPE, PT KBMS berharap, bisa mendorong industri-industri yang ada di dalam kawasan JIIPE agar melakukan kerja sama dengan dunia pendidikan. Hal ini dikarenakan yang membutuhkan tenaga pendidikan bukan dari pengelola kawasan tapi industri di dalam kawasan.

Sementara itu, Ketua YPP Qomaruddin, Nawawi mengatakan bahwa dengan penandatanganan MoU ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas lulusan YPP Qomaruddin yang berkompeten dalam dunia kerja.

Hal itu lantaran salah satu ruang lingkup kesepahaman juga termasuk bagaimana PT BKMS akan mempertimbangkan jebolan YPP Qomaruddin yang memenuhi persyaratan kerja tertentu untuk dapat mengikuti proses rekrutmen calon pegawai di JIIPE.

“Bekerja sama dengan JIIPE ini, nanti termasuk bagaimana menyusun kurikulum yang tepat untuk disiapkan dengan dunia kerja,” bebernya.

Nawawi juga berharap, semoga dengan penyerahan nota kesepahaman tersebut, ke depan akan dapat memberikan banyak manfaat dan berkah bagi semuanya. (sah)

Tinggalkan Komentar