Jumat, 12/08/2022 | 15:48 WIB
Gresik Satu
Politik

Menikah Sudah 12 Tahun, Pasangan Pemulung Asal Gresik Terharu Baru Dapat Buku Nikah

Sebanyak 18 pasangan suami isti mengikuti isbat nikah massal di Gedung DPRD Kabupaten Gresik / Foto : Sah

GresikSatu | Sebanyak 18 pasangan suami isti mengikuti isbat nikah massal di Gedung DPRD Kabupaten Gresik. Dari belasan pengantin tersebut rata-rata telah berusia senja.

Mereka sejatinya sudah menikah secara agama, namun tidak tercatat secara administratif oleh negara. Tak ayal, pasaturi yang baru mendapatkan buku nikah itu kebanyakan sudah memiliki anak.

Salah satunya pasangan yang mengikuti isbat masal itu diantaranya Hendiyanto (33) dan Yanti Enti (37). Warga Telogopojok Gresik itu telah menikah siri sekitar 12 tahun. Keduanya sudah dikaruniani 3 putra dan putri.

“Tidak menyangka bisa menikah di gedung DPRD Gresik, ini momen yang langkah sekali akan saya kenang selalu,” kata laki-laki yang setiap hari bekerja sebagai pemulung, Minggu (12/12/2021).

Hendiyanto mengaku, sangat diuntungkan dengan isbat nikah massal ini. Menurutnya, kini ia tidak perlu khawatir lagi tentang kondisi anaknya ke depan. Sebab pernikahannya kini sudah tercatat secara sah di administratif negara.

“Iya tidak khawatir lagi. Kalau begini kan anak-anak saya bisa tercatat negara,” bebernya.

Baca Juga : Lukisan Seniman Gresik untuk Korban Semeru Laku Rp 3 Juta, Dibeli Politikus PPP

Sementara, acara isbat nikah massal itu diprakarsai oleh Komunitas Omah Dhuafa bekerjasama dengan DPRD Gresik. Kegiatan ini menurut Ketua DPRD Gresik Abdul Qodir, kali pertama dalam sejarah dilakukan di dalam gedung dewan.

“Saya tidak pernah menyangka ruangan yang biasanya digunakan sebagai sidang paripurna, tapi hari ini kita mendatangkan pengantin untuk dinikahkan,” terang Qodir.

Bak acara resepsi nikah sungguhan, Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani pun ikut memberikan mauidhoh hasanah. Dalam sambutannya, Gus Yani menasihati agar setiap pasangan tidan memandang hal negatif saja ketika berkeluarga.

“Semisal istrinya ternyata masakannya tidak enak, jangan langsung dicelatu. Jadi kuncinya melihatlah pasangan dari segi postifnya saja,” ujarnya.

Tidak lupa, Gusa Yani mendoakan agar seluruh pengantin diberikan kesehatan dan kelanggengegan dalam membina keluarga. (sah)

Tinggalkan Komentar